Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Kerusuhan Di Sidang DPD, Ketua DPD Dari Parpol, DKPP: Kita Ngurut Dada Saja
deras.co.id
Ketua DKPP Jimly Asshiddqie

Kerusuhan Di Sidang DPD, Ketua DPD Dari Parpol, DKPP: Kita Ngurut Dada Saja

Jakarta, Oesman Sapta Odang telah dilantik menjadi Ketua DPD yang baru. Namun polemik muncul lantaran dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Ketua Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie  mengaku, secara etika pimpinan DPD tidak berlatar belakang partai politik. Karena mereka adalah utusan daerah bukan dari partai politik. “(Pimpinan DPD tidak dari partai politik)iya itu idealnya,” ujar Jimly disela-sela acara DKPP, Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (5/4).

Jimly juga mengaku kecewa karena DPD malah dipimpin oleh orang yang belatar belakang politik. Oleh sebab itu ungkap dia, baiknya perlu adanya aturan baru pimpinan DPD bukan dari partai politik. Sehingga bisa sejalan dengan semangat peran DPD itu sendiri. Di mana para anggotanya adalah dari utusan daerah.

Kita kan bisa ngurut-ngurut dada saja, karena yang diutamakan didalam UUD itu proses pemilihannya dia sebagai calon perorangan bukan sebagai partai,” katanya.

Yang ideal memang jangan orang partai  supaya kebagian yang tidak punya partai. Tapi namanya orang partai maunya diambil semua,” tambahnya.

Namun kendati demikian di dalam UU juga tidak mengatur larangan mengenai pimpinan DPD harus dari partai politik. Namun secara etika tidak sesuai. “Kan yang UU membuatnya orang-orang partai, mau gimana lagi,” katanya.

Sebelumnya, meski diwarnai pro-kontra dan kericuhan, Oesman Sapta Odang (Oso) akhirnya dilantik menjadi Ketua DPD dalam sidang paripurna, Selasa (4/4).

Pengucapan sumpah jabatan dipimpin Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Suwardi karena Ketua MA Hatta Ali sedang melaksanakan umroh. Berdasarkan keputusan, Oso akan menjabat Ketua DPD periode Maret 2017 sampai dengan September 2019.

Sumber : jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …