Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Tips Sederhana Tangkal ‘Ransomware Attack’
deras.co.id
Serangan Siber Akibat Ransomware

Tips Sederhana Tangkal ‘Ransomware Attack’

Dunia digemparkan oleh sebuah serangan siber besar yang menyerang bermacam organisasi di seluruh dunia pada Jumat (12/5) kemarin. Sebanyak 99 negara di dunia mengalami serangan siber ini.

Dilansir dari BBC, ribuan komputer di seluruh dunia terkunci oleh sebuah program yang meminta uang sebesar 300 dolar AS di Bitcoin. Perusahaan keamanan siber Avast mengatakan telah melihat 75 ribu kasus ransomware yang dikenal sebagai WannaCry atau varian sejenisnya.

Menteri Komunikasi dan Informatik (Menkominfo) Rudiantara mengatakan antisipasi serangan oleh ransomware Wannacry dapat dilakukan oleh setiap orang dengan cara sederhana. “Fenomena serangan siber di beberapa negara, termasuk Indonesia, menyasar sumber daya-sumber daya penting,” tulis Rudiantara dalam akun Twitternya @rudiantara_id, Sabtu (13/5).

Lebih lanjut Rudiantara memaparkan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi serangan oleh ransomware Wannacry. Berikut tips sederhana menangkal serangan siber:

Pertama, sebelum nyalakan komputer/server pastikan tidak terhubung ke jaringan data/internet. Kedua, cabut kabel data terlebih dulu dan matikan jaringan wifi.

Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non-Windows(linux, mac) atau lakukan back up (copy) data-data ke media lain,” tulis Rudiantara dalam akun Twitternya @rudiantara_id.

Sumber : republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …