Sunday , April 11 2021
Beranda / Berita / Komnas HAM Bentuk Tim Investigasi Dugaan Kriminalisasi Ulama Dan Novel Baswedan
deras.co.id
Komnas HAM Pada Saat Bertemu Alumni 212

Komnas HAM Bentuk Tim Investigasi Dugaan Kriminalisasi Ulama Dan Novel Baswedan

Jakarta, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), telah membentuk tim untuk menindaklanjuti indikasi pelanggaran HAM kepada Novel Baswedan dan laporan mengenai dugaan kriminalisasi ulama, salah satunya kepada Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab.

Kata Ketua Komnas HAM, Nur Kholis, ada dua komisoner, yakni Natalius Pigai dan Maneger Nasution, yang ditunjuk sebagai koordinator di masing-masing tim.

Ada dua tim di pemantauan itu. Kalau tim untuk pak Habib Rizieq dan kawan-kawan itu pak Natalius Pigai. Kemudian ada satu lagi tim untuk Novel, itu pak Maneger Nasution,” papar Kholis di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (15/5).

Sebelumnya Kholis menjelaskan, tindak lanjut dari laporan dugaan kriminalisasi dan pelanggaran HAM ini merupakan hal yang tidak bisa ditolak. Maka kemudian, pihaknya segera membentuk tim.

Selanjutnya, dua tim ini akan bergerak dengan awalan meminta klarifikasi, dalam hal ini kepada Habib Rizieq dan Novel.

Prinsipnya begini, semua orang dapat mengadu ke Komnas HAM. Pengaduan kan harus ditindak lanjuti. Tindak lanjut inikan harus ada klarifikasi, terkait dengan data, terkait dengan informasi apa yang akan disampaikan,” terang Kholis.

Seperti diketahui, indikasi kriminalisasi terhadap ulama mulanya dilaporkan oleh Presidium Alumni 212 yang diwakili lewat Ustad Asufri Sambo. Laporan itu langsung ia sampaikan ke Komnas HAM, beberapa hari lalu.

Untuk Rizieq, ada beberapa kasus yang dirasa oleh Presidium Alumni 212 seolah direkayasa, yakni kasus dugaan penodaan Pancasila dan ‘balada cinta Rizieq’. Kedua kasus itu ditangani oleh pihak kepolisian.

Sementara dugaan pelanggaran HAM ke Novel, merupakan inisiatif dari Komnas HAM dengan berpijak pada kasus dugaan teror berupa penyiraman air keras yang menimpa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi itu.

Sumber : Aktual.com

Baca Juga

deras.co.id

YPSA Berbagi Untuk Sesama, Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Sekitar

YPSA dan Raz Group bagikan paket sembako secara langsung kepada masyarakat kelurahan Tanjung Rejo yang …