Friday , April 19 2024
Beranda / Featured / 7 Keistimewaan Bulan Ramadhan
deras.co.id

7 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Selama bulan Ramadhan, umat Islam berada dalam salah satu momentum kebaikan besar. Karena iru sangat merugi jika tidak memanfaatkan momentum ini untuk tidak melakukan kebaikan.
Berikut inilah tujuh keutamaan bulan Ramadhan:

1. Al Qur’an turun pada Bulan Ramadhan

Allah mengistimewakan bulan puasa ini dengan banyak hal. Salah satu kemuliaan agung dari bulan Ramadhan adalah Al Qur’an diturunkan pada bulan tersebut.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan), bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)”. (Al Baqarah: 185).

2. Adanya Laitul Qadar

Kemuliaan lainnya adalah adanya Lailatul Qadar di dalam bulan Ramadhan. Pada saat itu, satu malam lebih baik dari seribu bulan di sisi Allah.

Sesungguhnya Kami telah menurunkanya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan itu? Dan tahukah kamu, apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

3. Bebas dari Neraka
Keistimewaan Ramadhan lainnya adalah setan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup pada bulan itu. Abu Hurairah ra meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sungguh setiap kali (waktu) berbuka, Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka, dan itu terjadi di setiap malam.” (HR. Ibnu Majah, Ahmad,Thabrani, dan Baihaqi).

4. Adanya Pintu Ar Rayyan

Selain itu, Allah membuatkan pintu khusus (di surga) untuk ahli puasa yang tidak bisa dimasuki oleh golongan lain. Sahal bin Sa’ad menuturkan bahwa Rasulullah saw bersabda:

Orang-orang yang berpuasa memiliki satu pintu di surga yang bernama Ar Rayyan. Tak ada yang memasuki (surga) melalui pintu itu selain mereka. Apabila ahli puasa terakhir telah masuk, pintu itu pun ditutup. Barang siapa memasuki (surga) melalui pintu itu, ia akan minum dan barangsiapa yang minum ia tidak akan dahaga selamanya.”

5. Doa dikabulkan

Doa orang-orang yang puasa akan dikabulkan, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “(Ada) tiga doa mustajab, yaitu doa orang yang puasa, doa orang yang teraniaya, an orang yang berpergian.” (HR. Baihaqi)

6. Perisai Pelindung terhadap api neraka

Puasa merupakan perisai yang digunakan seorang hamba untuk melindingi diri dari neraka. Rasulullah bersabda: “Puasa adalah perisai yang digunakan hamba untuk melindungi dari neraka.”

7. Ibadah yang Istimewa

Allah mengistimewakan ibadah puasa diantara ibadah lain. Abu Hurairah meriwayatkan, Nabi saw bersabda, bahwa Allah berfirman: “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberikan balasannya.”

Sumber : panjimas.com

Baca Juga

deras.co.id

Baru Diperbaiki, Plafon Gedung DPRD Medan Bocor

DERAS.CO.ID – Medan – Baru beberapa bulan diperbaiki dan diganti, plafon gedung DPRD Medan lantai …