Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Berikut Tips Untuk Menghindari Dehidrasi Saat Haji
deras.co.id
Salah Seorang Jama'ah Minum Air Zamzam

Berikut Tips Untuk Menghindari Dehidrasi Saat Haji

Kementerian Kesehatan Arab Saudi meluncurkan kampanye kepedulian bagi calon jamaah haji (calhaj) untuk menghindari dehidrasi. Kampanye yang dilakukan Jumat (11/8) waktu setempat terdiri dari beberapa tips dan panduan dalam menghadapi cuaca panas berlebihan di sejumlah wilayah Saudi.

Kementerian menekankan agar setiap calhaj wajib memakai tabir surya. Calhaj juga diminta tetap berada di dalam ruangan antara pukul 11.00 hingga 15.00 atau gunakan pelindung apabila harus keluar ruangan. “Tidak boleh lupa membawa topi dan payung, gunakan kacamata hitam dan baju panjang untuk menghindari sengatan matahari,” kata panduan tersebut seperti dilansir Arab News.

Baca juga: Sulitnya Berhaji Ke Baitullah Pada Tempoe Doeloe

Yang tidak kalah penting yaitu banyak mengonsumsi air putih. Dalam infografis yang dipublikasikan melalui Twitter-nya, Kementerian Kesehatan mengingatkan bahwa paparan sinar dan panas berlebihan bisa menyebabkan kanker kulit sebagai efek jangka panjang. Selain itu, panas berlebihan juga dapat menyebabkan kerutan, pigmentasi, sengatan panas, kulit kering, dan gangguan pandangan seperti glaukoma.

Di area pelaksanaan haji, Kementerian merekomendasikan calhaj untuk melakukan aktivitasnya antara sore atau malam. Sebaiknya hindari kerumunan dan kepadatan jamaah untuk menghindari kemacetan dan sengatan panas.

Tips tambahan dari Kementerian adalah tidak minum air es karena hanya akan membuat jamaah lebih haus. Hindari pula terpapar pendingin udara langsung ke kulit saat jamaah sedang berkeringat.

Sumber : ihram.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …