Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Ultimatum Untuk Android User, Malware ini Incar Data Anda
deras.co.id
Ancaman Malware bagi Android

Ultimatum Untuk Android User, Malware ini Incar Data Anda

Serangan malware di perangkat mobile, khususnya Android masih terus mengancam. Belakangan malah ditemukan ribuan aplikasi Android yang secara diam-diam mengintai dan mencuri data pengguna.

Dengan segmen market yang luas, ekosistem Android rentan terhadap serangan aplikasi pihak ketiga atau third-party. Baru-baru ini ditemukan lebih dari 4.000 aplikasi pengintai atau Spyware berkeliaran di toko aplikasi.

Menurut penelitian, aplikasi malware ini secara diam-diam akan merekam audio dan mencuri data riwayat. Malware yang masuk dalam keluarga SonicSpy ini telah beredar luas dan menginfeksi ribuan pengguna ponsel di seluruh dunia.

Nah, dari ribuan aplikasi yang ada, perusahaan peneliti Lookout mengidentifikasi ada tiga aplikasi terinfeksi malware yang lolos gerbang keamanan Google Play. Tiga aplikasi yang dimaksud antara lain Soniac, Troy Chay, dan Hulk Messenger.

Aplikasi Soniac sendiri tak lain adalah aplikasi perpesanan yang terinspirasi dari aplikasi Telegram. Aplikasi ini sudah diunduh sekitar 5.000 download. Sementara Troy Chat dan Hulk Messenger memang kurang populer dari Soniac, dengan angka download ribuan.

Aplikasi ini mampu mencuri data pribadi dari kontak, nomor telepon, pesan audio dan video, serta mengirim spam ke semua teman pengguna. Sekali aplikasi ini ter-install, dan penyerang bisa membuat aplikasi menjadi tersembunyi.

Pada saat itu, penyerang bisa mengeksekusi hingga 72 perintah berbeda di ponsel pengguna untuk mencuri informasi dan mengirimkannya ke server yang berlokasi di Irak. Malware ini disebut malware paling berbahaya di Google Play.

Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, Lookout menyarankan agar mengunduh aplikasi tidak dari sumber luar atau dengan kata lain menggunakan APK.

Sumber : detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …