Tuesday , October 16 2018
Beranda / Berita / Ilmuwan Ciptakan Tanaman Bercahaya yang Dapat Gantikan Lampu
deras.co.id

Ilmuwan Ciptakan Tanaman Bercahaya yang Dapat Gantikan Lampu

Para ilmuwan telah menciptakan tanaman bercahaya menggunakan nanopartikel yang ada di dalam daun. Ini memungkinan pohon untuk memancarkan cahaya dan menggantikan fungsi lampu jalan.

Para ahli di Massachusetts Institute of Technology (MIT) berharap, penemuan mereka ini bisa menggantikan sumber cahaya tradisional dengan yang lebih ‘mandiri’.

“Visinya adalah membuat tanaman yang berfungsi seperti lampu meja. Sebuah lampu yang tidak memerlukan aliran listrik,” papar Profesor Michael Strano, peneliti senior pada penelitian ini.

“Cahayanya berasal dari metabolisme energi tanaman itu sendiri,” tambahnya.

Agar tanaman bisa berpijar, Profesor Strano dan timnya menggunakan luciferase, zat yang memberikan cahaya pada kunang-kunang. Mereka menciptakan nanopartikel yang mengandung luciferase, juga luciferin dan coenzyme A, untuk menghasilkan efek yang diinginkan.

Setelah merendam tanaman dalam larutan yang mengandung partikel-partikel tersebut dan mengeksposnya pada tekanan tinggi, para peneliti mampu membuat tumbuhan yang bersinar selama hampir empat jam.

Meskipun penelitian ini masih berada pada tahap awal, mereka memiliki ambisi besar untuk mengaplikasikannya di masa depan.

“Penelitian kami merupakan gerbang pembuka untuk lampu jalan yang berasal dari pohon. Juga sebagai penerang tambahan di sekitar rumah-rumah,” kata Profesor Strano.

Tim peneliti MIT ini telah melakukan uji coba pada beberapa jenis daun salad, seperti kale, bayam dan selada air.

“Tanaman memiliki kemampuan menyembuhkan dirinya dan punya energi sendiri. Mereka juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan luar. Kami pikir, waktu untuk tanaman menjadi pengganti lampu ini telah tiba,” pungkasnya.

Hasil studi ini dipublikasikan pada jurnal Nano Letters.

Sumber: nationalgeographic.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Mahasiswa UNIMED Juara Lomba Karya Tulis Essay Nasional Edufair II 2018

Medan, Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS- FIP) Universitas Negeri Medan berhasil meraih juara 2 pada lomba …