Sunday , October 21 2018
Beranda / Berita / Cara Jitu Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Secara Drastis
deras.co.id

Cara Jitu Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Secara Drastis

Proses belajar mengajar di sekolah haruslah dilakukan dengan semaksimal mungkin agar tujuan pendidikan mampu dicerna secara matang oleh siswa sekolah. Ini penting mengingat begitu pentingnya peran pendidikan bagi anak bangsa dan generasi penerus.

Oleh sebab itu, penting juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekolah agar kualitas pendidikan semakin baik kian waktu. Di sini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekolah :

1. Mengatur Manajemen Sekolah Dengan Baik
Setiap lembaga sekolah pasti memiliki manajemen sekolah yang diatur oleh kepengurusan sekolah. Dalam sekolah sendiri tersusun atas kepala dan wakil sekolah, wakil sekolah bidang kesiswaan, bidang kurikulum, bidang sarana dan prasarana dan lain-lain. Semua pengurus  harus mampu melaksanakan dan bertanggung jawab atas tugas masing-masing berdasarkan bidangnya.

2. Disiplin
Kedisiplinan adalah hal penting yang harus dilakukan dalam sebuah organisasi atau lembaga. Dalam sekolah, kedisiplinan harus dilakukan oleh semua pihak sekolah, baik pendidik maupun peserta didik.

3. Pengajaran Dilakukan Oleh Guru-guru Profesional di Bidangnya
Kualitas pendidikan sekolah juga dipengaruhi oleh guru sebagai subjek pengajar. Oleh karena itu, sekolah harus memiliki guru-guru profesional di bidangnya, di mana guru-guru tersebut merangsang pengetahuan kepada siswa, sehingga siswa akan dapat merespon pengetahuan tersebut dengan baik.

4. Menggunakan Media dan Metode Belajar yang Relevan
Setiap guru harus pandai-pandai dalam memilih metode dan media belajar sesuai untuk siswa. Media dan metode belajar yang sesuai akan mampu mempermudah siswa dalam merespon pengetahuan dari guru.

 5. Melakukan Evaluasi
Evaluasi juga menjadi pokok penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan evaluasi tersebut, akan tampak apa saja kekurangan dan kelebihan proses pendidikan yang telah dilaksanakan.

6. Peningkatan Sarana Prasarana Pendidikan

Kelengkapan sarana dan fasilitas dapat mendukung proses pendidikan di sekolah, misalnya lab komputer, lab bahasa, ruang UKS, fasilitas pembelajaran, dan beberapa fasilitas di dalam kelas. Tidak hanya lengkap, tetapi juga dapat memanfaatkan sarana dan fasilitas tersebut dengan semestinya.

7 .Memberikan Penghargaan dan Meningkatkan Profesionalisme Guru
Staf (guru) akan termotivasi jika diberikan penghargaan ekstrinsik (gaji, tunjangan, bonus dan komisi) maupun penghargaan intrinsic (pujian, tantangan, pengakuan, tanggung jawab, kesempatan dan pengembangan karir).

9. Pendidikan Intelektual, Emosional, Spiritual Harus Berjalan Seimbang
Keselarasan antara pendidikan intelektual, emosional dan spiritual akan membuahkan generasi muda yang cerdas intelektual, cerdas moral juga cerdas religius.

10. Menjalin Relasi Baik Dengan Wali Murid
Pihak kepengurusan sekolah, khususnya wali kelas, seharusnya mampu membentuk hubungan baik dengan para wali murid. Ini akan memberikan dampak positif dengan mengetahui kepribadian siswa baik di sekolah maupun di rumah, sehingga guru mampu bersikap bijaksana terhadap siswa berdasarkan karakter dan kepribadian masing-masing.

Dengan menerapkan cara diatas diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan sekolah. Contoh sekolah yang telah berhasil menerapkan langkah diatas adalah Yayasan Pendidkan Shafiyyatul Amaliyyah atau yang lebih dikenal dengan YPSA. Sekolah ini telah menjadi salah satu sekolah islam internasional yang menjadi kebanggaan Medan dan Sumatera Utara. YPSA kini telah memiliki 5 jenjang sekolah mulai dari PG-TK, SD, SMP, SMA dan SMK, bahkan memiliki akreditasi A “Amat Baik” serta menjadi Authorized Cambridge International Examination Centre.

Sekolah ini memiliki manajemen sekolah yang sangat baik, menerapkan disiplin tinggi terhadap siwa-siswi maupun terhadap guru dan karyawan, sekolah ini mewajibkan sholat dhuha berjama’ah dan sholat fardhu berjama’ah  di awal waktu, dari segi pengajaran di didik oleh guru-guru profesional yang ahli dibidangnya masing-masing. Media pembelajaran yang disediakan sangat lengkap karena didukung ruang kelas full AC, LCD projector dan internet kecepatan tinggi, sarana dan prasarana siswa terlengkap seperti laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium matematika dan fisika, ruangan musik, ada pula sports center seperti lapangan futsal, basket, lapangan tenis meja, kolam renang, dan banyak lagi yang lainnya.

Program kultum setelah sholat zuhur dan ashar berjama’ah yang menjadikan keterampilan siswa-siswi dalam menyampaikan ceramah agama semakin terasah dengan baik. Pendidikan intelektual, spiritual, emosional serta fisik diperhatikan penuh oleh pihak sekolah.

Adapun jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di YPSA, antara lain:

  1. Krida; meliputi Kepramukaan, Leadership/Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Dokter Cilik/Dokter Remaja, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
  2. Kegiatan olahraga; renang, bola voli, bola basket, sepakbola, futsal, taekwondo, dan tenis meja.
  3. Kegiatan seni dan budaya; tari, lukis, kaligrafi, vocal, music, paduan suara, puisi, musikalisasi puisi dan teater/drama.
  4. Kegiatan Bakat/Keterampilan; fotografi/jurnalistik, dan komputer (desain web).
  5. Karya ilmiah; meliputi kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, dan penelitian.
  6. Kewirausahaan, kegiatan berwawasan lingkungan dan kegiatan sosial.

Baca Juga

deras.co.id

Rapor Merah Komnas HAM Untuk Presiden Jokowi

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) memberikan rapor merah kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait …