Tuesday , November 20 2018
Beranda / Berita / Tips Menyenangkan Agar Anak Cepat Belajar Mengaji Sejak Dini
deras.co.id

Tips Menyenangkan Agar Anak Cepat Belajar Mengaji Sejak Dini

Berbeda dengan jaman dahulu, saat ini anak-anak cenderung mengalami penurunan semangat dalam belajar Al Quran. Anak-anak lebih senang untuk menikmati acara televisi atau bermain game di gadget mereka. Tentu ini menjadi keprihatinan tersendiri dan sebagai orang tua sudah bisa dipastikan tidak menginginkan kondisi ini terus berlarut. Inilah alasan utama untuk memberikan pendidikan dini kepada anak-anak akan pentingnya belajar membaca Al Quran dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak-anak lebih senang untuk mempelajari Al Quran, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba:

  1. Sering-seringlah membaca Al Quran di depan anak. Seorang anak memiliki naluri untuk mengikuti, dengan rutin membaca Al Quran di depan mereka, mereka pun akan penasaran dan secara tidak terencana alam bawah sadarnya pun akan menuntunnya untuk mengikuti orang tua membaca Al Quran.
  2. Sering memperdengarkan Ayat-ayat Al Quran kepada anak, baik melalui bacaan maupun media pemutar suara. Apabila anak terbiasa mendengar ayat Al Quran, mereka pun akan terbiasa dengan bahasa Al Quran. Sehingga akan lebih mudah baginya untuk belajar membaca Al Quran.
  3. Menceritakan kisah-kisah yang ada di dalam Al Quran kepada anak. Al Quran menggunakan bahasa Arab, sehingga anak-anak tidak dapat memahami apa maksud dari bacaan tersebut. Triknya adalah, Anda dapat menceritakan kepadanya mengenai kisah-kisah yang terdapat di dalam Al Quran, dengan demikian mereka akan lebih antusias untuk mempelajari Al Quran.
  4. Selain mengajarkan Al Quran secara langsung kepada anak, TPA juga bisa menjadi pilihan. Disini anak Anda akan bertemu dengan banyak teman, sehingga proses belajar pun menjadi lebih menyenangkan.
  5. Terus picu semangat anak untuk belajar Al Quran dengan memberinya apreasiasi seusai ia membaca atau ketika belajar Al Quran.
  6. Janjikan hadiah menarik untuknya. Tidak berlebihan untuk menjanjikannya hadiah ketika ia telah berhasil menyelesaikan satu tahap pembelajaran Al Quran. Hadiah justru akan membuatnya menjadi lebih bersemangat dalam belajar Al Quran.

Taman pendidikan anak dapat menjadi pilihan terbaik untuk menumbuh kembangkan kemampuan anak dalam mengaji dan membaca Al Quran sejak dini, PGTK Diamond Kids School YPSA merupakan salah satu satunya.

Sistem pendidikan yang terintegrasi antara ilmu agama dan ilmu umum, praktek ibadah secara penghayatan dan pengamalan, kegiatan belajar mengajar berbasis centre dengan mengembangkan konsep Moving Class, Konsep pembelajaran Bermain Sambil Belajar, Indoor dan Outdoor.

PGTK YPSA mengajarkan cara cepat membaca Al Quran dengan metode Tilawati, menerapkan metode klasikal dan baca simak dalam pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dalam 2 tahapan. Pertama teknik klasikal menggunakan alat peraga. Kedua baca simak dengan buku jilid.

Ada Apa Dengan PGTK YPSA ?

  1. Sekolah internasional bernuansa Islami berwawasan lingkungan hidup dengan fasilitas lengkap berstandar internasional.
  2. Integrasi Kurikulum (Kemendikbud, Kemenag, Lokal YPSA, dan Internasional).
  3. Konsep bermain sambil belajar yang modern mengedepankan metode pembelajaran khas YPSA: Innovative, Fun, Active, Creative & Effective (iFACE) dengan sistem student centre berbasis sentra.
  4. Menanamkan ibadah wajib dan sunnah serta belajar membaca Al-Qur’an dengan baik
  5. Meraih prestasi bergengsi dalam bidang akademik dan/atau non akademik baik tingkat lokal dan nasional.
  6. Tenaga pendidik S1, dan S2 alumni Universitas ternama dalam Negeri dan Luar Negeri, Profesional dan Qualified.
  7. Native Speaker yang profesional dan berpengalaman.
  8. Hanya di PG-TK Diamond Kids School YPSA, anak didik dibimbing untuk mengembangkan berbagai potensi yang berfokus pada “multiple intelligence” dan perkembangan anak meliputi, kognitif, sosial/emosional, kemandirian, motorik (halus/kasar), dan pengembangan kemampuan bahasa.

 

Baca Juga

deras.co.id

Gathering HUT ke-57, Tingkatkan Kekeluargaan & Silaturahmi KB Bank Sumut dan Nasabah

Medan, Seribuan warga mengikuti jalan santai dalam rangka Gathering HUT ke 57, Keluarga Besar PT …