Saturday , October 20 2018
Beranda / Berita / Baca Ini, 4 Alasan Utama Pentingnya Mengikuti Kompetisi Bagi Pelajar
deras.co.id

Baca Ini, 4 Alasan Utama Pentingnya Mengikuti Kompetisi Bagi Pelajar

Apakah anak Bapak/Ibu pernah mengikuti suatu lomba atau kompetisi? kalau iya lomba apa yang diikuti? lomba mewarnai, menggambar, lomba membaca puisi, atau lomba lain? biasanya sekolah atau suatu lembaga tertentu selalu mengadakan perlombaan atau kompetisi setiap tahun. Di dalam perlombaan tentu akan menguji kemampuan atau ketangkasan anak.

Perlombaan atau kompetisi yang diselenggarakan oleh suatu lembaga atau sekolah dimana peserta mendapatkan hadiah jika menjadi pemenang. Ternyata banyak manfaat yang didapat saat anak mengikuti suatu lomba atau kompetisi. Anak diajarkan untuk mempunyai jiwa berkompetisi. Disuatu perlombaan atau kompetisi akan ada persaingan, setiap peserta akan berusaha sebaik-baiknya untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Pentingnya Mengikuti Perlombaan atau Kompetisi Bagi Pelajar.

1. Terbiasa bekerja keras

Psikolog yang ahli neuropsikologi, Timothy Gunn, mengatakan bahwa anak yang terlibat dalam kompetisi akan belajar mengenai nilai kerja keras. Mereka selalu termotivasi untuk bekerja keras untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, entah itu mendapat medali dalam pertandingan futsal, menjadi juara lomba menyanyi, atau membuat hiasan frame foto terindah di kelas.

2. Mengembangkan keyakinan diri

Dr. Gunn juga mengatakan bahwa anak yang berani berkompetisi akan menjadi lebih percaya diri dengan apa yang bisa mereka kerjakan. Kalau tak berhasil menjadi pemenang, hal itu akan memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras.

3. Belajar bekerjasama dalam tim

“Banyak pertandingan yang dimainkan bersama tim mengajarkan anak untuk memecahkan masalah sebagai tim, dan membantu mereka memelajari ketrampilan hidup dalam bekerjasama demi kepentingan sekelompok orang,” ujar Ronda Klosterman, guru pendidikan olahraga, St. Joseph’s Elementary School di  Long Beach, California.

4. Menginspirasi anak untuk menjadi yang terbaik

Salah satu pengaruh baik dari kompetisi pada anak adalah, mereka akan melakukan lebih daripada yang diminta, dan cenderung ingin menghasilkan yang terbaik dalam apa pun yang mereka lakukan. Kemampuan ini akan menyiapkan mereka untuk menghadapi situasi apa saja dalam hidup.

Terbiasa berkompetisi juga membuat anak mampu menerima kemenangan maupun kekalahan. Sangat penting bagi anak untuk belajar menerima kekalahan. Jika tidak, mereka akan merasa harus menang sepanjang waktu. Anak akan merasa bahwa takut kalah itu akan membuat mereka tak perlu mengambil risiko.

“Yang perlu dipelajari anak adalah, kalah itu tidak masalah. Mereka harus belajar kalah dan berpikir, ‘Ah, tidak apa-apa’, dan terus bermain,” kata Po Bronson, penulis buku Top Dog: The Science of Winning and Losing.

Tidak disangka, banyak kan manfaat berkompetisi untuk anak? Anak jadi lebih tangguh dan tidak mudah menyerah. Mereka juga jadi lebih sportif dan tidak tenggelam dalam kekecewaan. Mulai sekarang, jangan ragu mengajak mereka mengikuti berbagai perlombaan.

Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah yang merupakan lembaga pendidikan islam internasional memiliki banyak program bertaraf Internasional yang selalu diikuti yaitu Harvard Modell Conggres (HMC), American Field Servis (AFS), Sister City, Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Summer Camp, Edutour luar negeri, dan banyak lagi. Tujuan dari program internasional ini adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman pada siswa-siswi agar dapat melihat bagaimana perkembangan pendidikan di luar negeri dan membawa pulang ilmu yang didapat untuk diterapkan di Indonesia nantinya.

This slideshow requires JavaScript.

YPSA selalu konsisten memberikan program pendidikan terbaik bagi para siswa-siswi generasi emas yang akan menjadi pemimpin Indonesia dimasa yang akan datang, dimana YPSA terus bersaing dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan terus mengikuti kompetisi-kompetisi baik Nasional maupun Internasional serta mengikuti program-program pertemuan/aktifitas pendidikan Internasional.

Sekarang, tunggu apa lagi, sudah seharusnya kita berikan yang terbaik untuk pendidikan putra-putri kita. Ayo mari kita daftarkan putra-putri kita ke Yayasan Pendidikan Shafiyyatul AmaliyyahKlik disini

Baca Juga

deras.co.id

Rapor Merah Komnas HAM Untuk Presiden Jokowi

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) memberikan rapor merah kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait …