Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Terungkap, Wakapolri Beberkan Kenapa Kasus Habib Rizieq Di SP-3
deras.co.id
Wakapolri Jenderal Syafruddin

Terungkap, Wakapolri Beberkan Kenapa Kasus Habib Rizieq Di SP-3

Jakarta, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) telah mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP-3) atas kasus dugaan penghinaan terhadap Pancasila dengan tersangka Habib Rizieq Shihab. Kasus tersebut dihentikan karena penyidik tidak memiliki cukup bukti.

Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin menyatakan pihaknya tidak memiliki wewenang dari kasus tersebut. Sepenuhnya diserahkan ke pihak penyidik. “Kewenangan penyidik ya,” ujarnya usai acara Bersih-Bersih Masjid’ di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (8/5).

Sebelumnya, Kuasa hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro, mendatangi Bareskrim Polri pada Jumat (4/5) untuk mengambil barang bukti milik Habib Rizieq yang diperiksa terkait kasus tersebut. “Kebetulan kami datang ke Bareskrim itu untuk mengambil barang bukti yang terkait dengan perkara di Bandung dan kebetulan itu beberapa waktu yang lalu sudah SP-3,” kata Sugito di Bareskrim Polri, Jakarta.

Baca juga: Kasus Habib Rizieq Yang Dilaporkan Pelantun Puisi “Aku Tak Tahu Syariat Islam” Akhirnya Dihentikan

Sugito menyebut, kasus ini diberi SP-3 karena tidak memenuhi unsur dan tidak ditemukannya mens rea (kesengajaan melakukan kriminal) dari beberapa keterangan saksi dan beberapa ahli. “Sehingga Bareskrim melalui Polda Jabar itu mengeluarkan SP-3,” ujar Sugito.

Ia pun menjelaskan, ceramah Habib Rizieq yang dipermasalahkan dalam kasus tersebut adalah ceramah biasa. Ceramah itu mengkritisi mengenai masalah Pancasila.

“Kalau mengkritisi terhadap Pancasila itu kan di BPUPKI juga dulu dikritisi. Itu kan kalau Piagam Jakarta,” kata dia mencontohkan.

Akhirnya, berdasarkan keterangan saksi ahli dan bukti, kasus ini diputuskan untuk dihentikan. Adapun barang bukti yang diambil adalah berupa tesis Habib Rizieq soal Pancasila yang dibutuhkan untuk pemeriksaan.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …