Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Basarnas Belum Bisa Memastikan Objek Temuan Adalah KM Sinar Bangun
deras.co.id
Helikopter Basarnas jenis Dauphin HR-3604 terbang di atas Danau Toba saat melaksanakan pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun, di Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (23/6). Foto: Antara/Irsan Mulyadi

Basarnas Belum Bisa Memastikan Objek Temuan Adalah KM Sinar Bangun

Simalungun, Kepala Basarnas, M Syaugi membenarkan perihal temuan objek diduga kapal di Danau Toba. Namun, dia mengaku pihaknya belum bisa memastikan jika bangkai kapal itu merupakan KM Sinar Bangun yang karam pada Senin (18/6) lalu.

“Kami masih mau proses apakah yang ada di dalam ini adalah KM Sinar Bangun atau enggak, kami belum tahu. Sudah kami kasih tanda pakai jangkar. Kami lanjutkan berdasarkan hasil analisis dan diskusi kami,” kata Syaugi di Tigaras, Simalungun, Ahad (24/6).

Syaugi mengatakan, objek tersebut merupakan hasil pemindaian multibeam echo sounder dan side scan sonar yang digunakan. Dia mengakui, berdasarkan bentuknya, objek tersebut memang menyerupai kapal. Namun, Syaugi kembali menegaskan, pihaknya belum dapat memastikan kapal itu merupakan KM Sinar Bangun.

“Mohon doanya. Kalau itu tidak betul, kita cari lagi. Saya belum lepas pakaian saya,” ujar dia.

Baca juga: Sonar TNI Tak Mampu Deteksi, Kedalaman Danau Toba Ternyata Lebih Dari 600m

Sebelumnya, Direktur Eksekutif PT Mahakarya Geo Survey-Ikatan Alumni ITB (IAITB), Nanang Henky Suharto juga mengonfirmasi temuan objek diduga KM Sinar Bangun di danau Toba ini. Namun, dia mengatakan, butuh konfirmasi visual untuk meyakinkan bahwa objek itu merupakan KM Sinar Bangun.

Konfirmasi visual ini dilakukan dengan penyelaman menggunakan remotely operated vehicle (ROV). Menurutnya, dibutuhkan ROV dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding yang digunakan pada awal pencarian. Alat ini pun masih akan didatangkan dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

“Koordinat itu sekitar 500 meter dari posisi yang diberikan aparat. Suspect ditemukan di kedalaman 450 meter,” kata Henky kepada Republika, Ahad (24/6).

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …