Friday , September 21 2018
Beranda / Featured / Inggris Tebas Kutukan Adu Penalti

Inggris Tebas Kutukan Adu Penalti

MOSKOW — Inggris berhasil melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kolombia lewat drama adu penalti. Kemenangan ini menandakan kebangkitan Inggris dari catatan buruk di babak adu penalti selama mengikuti piala dunia.

Sempat unggul terlebih dahulu lewat tendangan penalti Harry Kane, Inggris harus merasakan babak perpanjangan waktu karena gol telat Yerry Mina. Sundulan memantul ke tanah pemain bertahan klub Barcelona itu memupuskan harapan Inggris untuk lolos dengan cepat ke babak perempatfinal.

Inggris yang bermain lebih banyak bertahan di babak kedua memasukkan Marcus Rashford di lima menit akhir pertandingan babak perpanjangan waktu. Saling jual-beli serangan di babak perpanjangan waktu, kedua tim yang memperebutkan tiket terakhir ke babak perempatfinal itu tak menghasilkan satu gol pun. Keduanya seakan sudah ikhlas jika memang harus melalui babak adu penalti.

Cukup banyak kartu kuning yang dikeluarkan Mark Geiger pada pertandingan yang dilaksanakan di Spartak Stadium ini. Total ada delapan kartu kuning yang ia keluarkan, delapan untuk Kolombia dan dua untuk Inggris. Selama 120 menit mereka bermain 1-1, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Inggris berada di posisi kurang meyakinkan dengan dilangsungkannya babak ini. Itu karena dari 12 penampilan terakhir mereka di turnamen internasional, enam di antaranya kalah karena adu penalti. Mereka hanya pernah menang sekali, yakni melawan Spanyol pada Piala Eropa 1996.

Rekor buruk tersebut hampir saja berlanjut. Tendangan pemain tengah Liverpool, Jordan Henderson, selaku penendang penalti ketiga berhasil ditepis oleh penjaga gawang Kolombia, David Ospina. Namun, kemudian Jordan Pickford berhasil mementahkan tendangan Carlos Bacca. Seorang Jordan diselamatkan oleh Jordan lainnya.

Meski arah tendangannya ditebak, Eric Dier, sebagai penendang penalti kelima dari Inggris, akhirnya berhasil menjadi penentu kemenangan tim asuhan Gareth Southgate. Tangan Ospina yang mengenai bola tendangan Dier tak dapat menghalau kencangnya laju bola.

Dengan hasil ini, Inggris akhirnya dapat lolos ke babak perempatfinal untuk pertama kalinya sejak 2006. Kane dan kolega sudah ditunggu oleh Swedia di babak perempatfinal yang sebelumnya memastikan diri lolos usai mengalahkan 10 orang pemain Swiss.

Baca Juga

deras.co.id

BPJS Defisit 11 Triliun, Capres 2019 Nanti Harus Mampu Berikan Solusi

Jakarta, Sejak diterapkan pada 2014 hingga saat ini, BPJS Kesehatan terus mengalami defisit. Jika pada 2017 …