Wednesday , October 24 2018
Beranda / Berita / Merebut Kembali Kejayaan Islam Dengan Pendidikan Dan Ekonomi
deras.co.id

Merebut Kembali Kejayaan Islam Dengan Pendidikan Dan Ekonomi

Islam adalah satu-satunya agama yang sempurna yang mengatur seluruh sendi kehidupan manusia dan alam semesta. Baik pendidikan, perekonomian dan segala macam aktifitas manusia juga diatur dalam Islam dengan prinsip illahiyah. Bagaimana pandangan pendidikan dan ekonomi dalam islam? berikut penjelasannya

Dasar Pendidikan Islam

Al Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 31-32:

قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ  o وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Dan Dia(Allah) mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!”. Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Pendidikan Islam

Kata pendidikan yang umum kita gunakan sekarang, dalam bahasa arab adalah “tarbiyah”, dengan kata kerja “rabba”. Kata pengajaran dalam bahasa arabnya adalah “ta’lim” dengan kata kerjanya “’alama”.

Jadi, Pendidikan Islam berarti suatu sistem kependidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah sebagaimana Islam telah menjadi pedoman bagi seluruh aspek kehidupan manusia baik duniawi maupun ukhrawi.

Tiga Pilar Pendidikan Islam:

1. Pendidikan Tauhid

Dalam Al-Quran Allah kisahkan nasehat Luqman kepada anaknya.

يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

“Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.” (Q.S Luqman: 13)

2. Pendidikan Akhlak

Firman Allah Surat Al-Qalam ayat 4:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.

3. Pendidikan Ibadah

Firman Allah Surat Adz-Dzariyat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”

Tujuan akhir pendidikan islam

  1. Bahagia di dunia dan akhirat.
  2. Menghambakan diri kepada Allah
  3. Memperkuat ikatan keislaman dan melayani kepentingan masyarakat islam.
  4. Akhlak mulia.

Dasar Ekonomi dalam Pandangan Islam

Ekonomi Islam adalah pengetahuan dan penerapan hukum syari’ah untuk mencegah terjadinya ketidakadilan atas pemanfaatan dan pembuangan sumber-sumber material dengan tujuan untuk memberikan kepuasan manusia dan melakukannya sebagai kewajiban kepada Allah dan masyarakat.

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam

  1. Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau titipan dari Allah swt kepada manusia.
  2. Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu.
  3. Kekuatan penggerak utama ekonomi Islam adalah kerja sama.
  4. Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh segelintir orang saja.
  5. Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang.
  6. Seorang muslim harus takut kepada Allah swt dan hari penentuan di akhirat nanti.
  7. Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas (nisab)
  8. Islam melarang riba dalam segala bentuk.

Di era globalisasi dan digitalisasi seperti sekarang ini, dimana sistem kapitalis dan riba merajalela, sudah saatnya kita menemukan sistem ekonomi yang membuat kesejahteraan rakyat semakin terjamin, namun tidak membatasi kepemilikan pribadi. Ekonomi Islam merupakan sistem ekonomi yang menjunjung asas keadilan, kemanusiaan dan ketuhanan. Ekonomi Islam bersumber kepada Al-Quran dan Hadist Nabi, sehingga kebenarannya pun tidak diragukan lagi, untuk itu diperlukan pendidikan dan ekonomi berbasis islam sebagai solusi untuk kembali meraih kejayaan dan kesejahteraan umat. Lembaga Pendidikan sebagai pusat pendidikan, ekonomi dan dakwah berperan besar untuk mngembalikan kejayaan umat islam.

Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah(YPSA) sebagai salah satu lembaga pendidikan terus berperan aktif dalam membangun pendidikan, dakwah dan ekonomi islam demi mencapai sebuah misi besar yaitu “YPSA as Center of Islamic Education, Economy, and Da’wah in Shaping Indonesia Golden Generation 2045″.

This slideshow requires JavaScript.

Demi mencapai misi tersebut, Shafiyyatul Amaliyyah atau yang sering akrab disebut juga  YPSA memiliki lahan lebih dari 3,5 Ha, terus berbenah serta menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menjadi pusat pendidikan islam, ekonomi dan dakwah terbaik di Indonesia.  Gedung Smart School dengan menerapkan teknologi dan sarana prasarana pendidikan lengkap seperti Wifi berkecepatan tinggi, LCD Projektor dan ruang kelas nyaman full AC, menjanjikan para siswa-siswi dapat belajar dengan sangat baik dan nyaman, dapat pula menikmati sejuknya area Raz Garden, bumi perkemahan YPSA, botanical garden serta fasilitas-fasilitas lainnya. Mulai dari PG/TK, SD, SMP, dan SMA Shafiyyatul Amaliyyah  semua telah dilengkapi dengan fasilitas terbaik.

Sekarang, tunggu apa lagi, sudah seharusnya kita berikan yang terbaik untuk pendidikan putra-putri kita. Ayo mari kita daftarkan putra-putri kita ke Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah.  Klik disini

Baca Juga

deras.co.id

Mahasiswa Unimed Raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional INSTINCT-II

Pekanbaru, Karya Mahasiswa Unimed berhasil meraih juara 1 Lomba Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Increadie Research and …