Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Resmi, Android Umumkan Nama Android Terbaru
deras.co.id
(Foto: Android Authority)

Resmi, Android Umumkan Nama Android Terbaru

Google resmi mengumumkan Operating System (OS) Android generasi ke sembilan dengan nama kudapan manis ‘Pie’. Ya, Android Pie. Nama kue Pie akhirnya dipilih Google setelah beberapa waktu seliweran spekulasi tentang apa nama Android P nantinya. Kini terjawab sudah.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Android, Rabu (8/8), nama dari kisi-kisi Android terbaru dengan huruf ‘P’ bukanlah Pistachio seperti digosipkan sebelumnya. Beberapa smartphone Google yang sudah bisa mencicipi Android Pie yaitu Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL, hingga Essential Phone yang tak lain merupakan smartphone bikinan pencipta OS Android, Andy Rubin.

Pembaruan Android Pie (9.0) disebut memiliki banyak fitur. Di antaranya perubahan desain, cara pintas yang bermanfaat, dan fokus besar pada sektor Artificial Intelligence (AI) melalui pengaturan adaptif. Selain itu, Google juga mencoba membuat smartphone kamu lebih pribadi, lebih efisien, dan lebih mudah digunakan.

Lantas mengapa namanya Pie? Pertanyaan itu mungkin terbersit dari sekian banyak pengguna Android lainnya, termasuk JawaPos.com.

Android Pie Key Features. (Google)

Soal ‘mengapa Pie’, Google tampaknya memiliki alasan sendiri untuk penamaan sistem operasi yang menjadi musuh bebuyutan Apple iOS itu. Ya, Google selalu memilih nama panggilan pencuci mulut atau kudapan manis berbahan dasar gula untuk OS selulernya. Nama-nama kudapan itu juga mengacu pada deret abjad yang berurutan.

Contoh-contoh yang lalu telah membuktikan bahwa Google ‘suka’ dengan hidangan manis, sebut saja Jelly Bean, Kit Kat, Lollipop, dan Marshmallow.

Seperti disinggung di atas, sebelumnya ada spekulasi bahwa nama Android berikutnya bisa Pistachio Ice Cream, Pop-Tart, atau Pumpkin Pie. Namun kepala tim teknik Android di London menjelaskan bahwa ada keputusan yang berdasar pada hal-hal sederhana. “Ini mengisyaratkan tujuan yang sama dengan Android pada umumnya,” kata Andrei Popescu.

“Kami ingin menyederhanakan antarmuka pengguna. Kami ingin membuat penggunaan lebih sederhana dan lebih intuitif. Dan kupikir semacam itu sesuai dengan nama yang sangat sederhana dan indah seperti Pie,” jelasnya demikian.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …