Sunday , November 18 2018
Beranda / Berita / 4 Fitur Terbaru Android 9.0 Ini Jadi Andalan Google
deras.co.id

4 Fitur Terbaru Android 9.0 Ini Jadi Andalan Google

Pengguna Android perlu menanti beberapa bulan hingga sistem operasi menyediakan update. Bila Anda menggunakan Google Pixel, Anda segera mendapatkan pembaruan ke versi terbaru Android.

Ponsel Android One juga biasanya akan memperoleh pembaruan lebih cepat. Sambil menunggu ponsel Anda diperbarui ke Android terbaru, mari tengok fitur terbaru yang diperkenalkan Google melalui Android Pie.

1. Hemat Baterai

Dua fitur baru untuk menghemat baterai bisa ditemukan pada Android Pie yaitu Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Adaptive Battery menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk memperkirakan aplikasi yang akan dijalankan dalam beberapa waktu ke depan.

  

Android akan memprioritaskan aplikasi ini dan mematikan aplikasi yang diperkirakan tidak akan digunakan. Adaptive Brightness bekerja dengan cara serupa, ponsel akan otomatis meredupkan layar bila Anda diramalkan tidak akan memerlukannya.

2.Privasi

Dengan rangkaian sensor menyeluruh, ponsel pintar mutakhir rentan terhadap penyalahgunaan oleh aplikasi nakal. Sebagai contoh, aplikasi bisa saja menyadap menggunakan mikrofon atau kamera tanpa pemberitahuan terhadap pemakai.

Pada Android Pie, ini diatasi dengan menyekat akses aplikasi ke sensor ponsel dalam keadaan menganggur (idle).

Bila ingin tetap mengakses sensor ponsel, aplikasi tersebut harus menampilkan pemberitahuan ke pengguna. Paling tidak aplikasi tidak akan lagi bisa diam-diam melakukan penyadapan.

3.Kamera Ganda

Peranti dengan kamera ganda bukan barang baru lagi. Tidak hanya pada ponsel unggulan seperti Huawei P20 atau Samsung Galaxy S9 Plus, pada saat ini ponsel kelas menengah seperti Nokia X5 (Nokia 5.1 Plus) juga memilikinya. Namun, sebelumnya tidak ada dukungan di level sistem operasi dari Google untuk fitur ini.

Dengan Android Pie, Google menyertakan dukungan untuk mempermudah pembuat aplikasi memproses data dari lebih satu kamera secara bersamaan. Pembuat ponsel pada saat ini akan lebih mudah menyertakan fitur yang dimungkinkan oleh kamera ganda, seperti perubahan fokus, bokeh, atau gambar stereo.

4.Pelacakan Posisi

Sistem penentuan posisi yang digunakan oleh ponsel pintar biasanya menggunakan satelit, baik GPS (Amerika Serikat), GLONASS (Rusia), atau keduanya. Namun karena sinyal satelit tidak dapat menembus ke dalam gedung, penentuan posisi dalam ruangan tidak terlalu akurat.

Solusinya adalah penggunaan Wi-Fi. Dengan mengetahui posisi paling sedikit tiga access point, ponsel pintar bisa menentukan dengan lebih baik posisinya saat ini.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Tausiyah Menyambut HUT Ke-57, Bank Sumut Hadirkan Syekh Ali Jaber

Medan, menyemarakkan Hut ke 57 Tahunnya, PT Bank Sumut menggelar tausiyah dan dzikir bersama Syekh …