Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Presiden Jokowi Bangun ‘Markas Avengers’ Di Papua
Presiden Indonesia Joko Widodo saat menghadiri Forum Ekonomi Dunia ASEAN(Foto : Reuters/Kham)

Presiden Jokowi Bangun ‘Markas Avengers’ Di Papua

Sambutan Presiden Joko Widodo dalam ajang World Ekonomi Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam pada pekan ini, bikin heboh dunia. Bagaimana tidak, dia menganalogikan perang dagang yang terjadi di dunia ini seperti kisah film Avengers: Infinity War.

Dia mengatakan, menyoroti ada sosok ‘Thanos’ yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi. Jokowi pun berkelakar bahwa dia dan sesama rekan ‘Avengers’ lainnya, siap untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Pertanyaannya, dari mana Jokowi memiliki ide menganalogikan film tersebut seperti kondisi ekonomi global saat ini? Apakah Avangers salah satu film yang disukainya? Atau, memang apa yang dianalogikan Jokowi benar tercermin dalam film tersebut? Hal tersebut, hingga saat ini masih jadi misteri.

Yang pasti, saat ini Jokowi pun sedang menugasi jajarannya menggarap sebuah bangunan di Indonesia berdesain mirip logo Avangers. Bangunan tersebut pun terletak di ujung bagian timur Indonesia.

Bangunan itu merupakan Monumen Kapsul Waktu di Merauke Papua. Kawasan itu, merupakan tempat penyimpanan kapsul yang berisi ratusan harapan masyarakat Indonesia yang akan dibuka 70 tahun mendatang. Kawasan itu pun ditargetkan dapat selesai akhir tahun ini.

Entah kebetulan atau memang sudah direncanakan, sekilas desain monumen ini jika difoto dari atas, sangat mirip logo Avengers. Yang berbentuk inisial A di dalam lingkaran dan memiliki garis yang tegas.

Dikutip dari akun resmi instagram Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis 13 September 2018, desain arsitektur proyek yang digarap PT Nindya Karya Wilayah V, di bawah pengawasan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR ini, dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia, Yori Antar. Angka 17, 8, dan 45 dipilih menjadi angka-angka kunci ukuran monumen.

Monumen memiliki lebar 17 meter, tinggi delepan meter dan panjang 45 meter. Arsitektur monumen juga mengadopsi unsur budaya Papua.

Kapsul Waktu, nantinya akan ditempatkan di atas bangunan tugu yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani, dengan lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke, yaitu Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu sebagai penjaga tugu kapsul waktu.

Kapsul waktu ini berisi 238 impian anak Indonesia yang diambil dari 34 provinsi. Impian tersebut dikumpulkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2015, dan ditandai dengan tulisan Jokowi yang berisi impian dan mimpinya untuk Indonesia 70 mendatang.

Sumber: viva.co.id

 

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …