Wednesday , December 12 2018
Beranda / Berita / UNIMED Sukses Gelar Olimpiade Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi
deras.co.id

UNIMED Sukses Gelar Olimpiade Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi

Medan, Pusat Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Universitas Negeri Medan (Pusdip KLH-UNIMED) menggelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang merupakan pelaksanaan ke 10 kalinya yang dimulai sejak tahun 2009 – 2018 dengan memperebutkan hadiah utama yaitu Piala Bergilir Gubernur Sumatera Utara. Penyelenggaraan Olimpiade merupakan upaya Pusdip KLH UNIMED untuk mendorong agar sekolah-sekolah di Propinsi Sumatera Utara dari Tingkat SD, SMP dan SMA dapat mengembangkan kurikulum pendidikannya berbasis lingkungan dan mengintegrasikan pendidilkan lingkungan hidup dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagiaan M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang M.Sc.,Ph.D. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Binsar Situmorang, M.Si., MAP. Ketua Pusdip KLH Unimed Syarifuddin, MSc., Ph.D., Bapak Ibu Dekan di Lingkungan Universitas Negeri Medan., Bapak Ibu dari pihak Sponsor PT. Pelindo I, PT. Moorlife Sisingamangaraja dan Istraid Center serta Para guru pendamping peserta olimpiade.

 Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup tahun 2018 ini, diikuti oleh  861  peserta yang terdiri dari Siswa SD/MI sebanyak 155 siswa dari 17 sekolah, dengan jumlah siswa terbanyak dari SD Swasta Santo Mikhael Panguguran sebanyak 20 peserta, siswa SMP/MTs sebanyak 391 siswa  dari 34 sekolah dengan jumlah siswa terbanyak berasal dari SMP Negeri 1 Tebing Tinggi sejumlah 100 siswa dan Siswa SMA/SMK/MA sebanyak 315 peserta dari 29 sekolah dengan jumlah siswa terbanyak dari MAN Kisaran yaitu 61 siswa.  Ditambah dengan 120 orang guru pendamping.

Dr. Marini Damanik, M.Si sebagai ketua panitia dalam sambutannya menyampaikan Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup ini merupakan sarana untuk mempelajari lingkungan secara intensive baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Hal ini juga berkesesuaian dengan hashtag Unimed yaitu membangun negeri dari sekolah. “Dari sekolah kita bisa memperbaiki generasi muda untuk menghasilkan generasi mendatang yang lebih baik yang cinta terhadap lingkungan. Untuk itu, Panitia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta terutama adik adik siswa sekalian karena kalianlah duta lingkungan hidup mulai hari ini dan yang akan datang” ujarnya.

Rektor Unversitas Negeri Medan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Olimpiade Lingkungan Hidup ini digelar Unimed untuk memberitahukan kepada publik, kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa inilah pengetahuan tentang lingkungan anak-anak sekolah di Sumatera Utara. Inilah bagian dari partisipasi Unimed sendiri untuk perduli terhadap lingkungan maka sedini mungkin perlu di tanamkan apa itu yang dimaksud dengan menjaga lingkungan, merawat lingkungan. Dan semoga para pemenang nantinya dapat menjadi duta-duta lingkungan di Indonesia dan dapat memonitori perbaikan lingkungan di Indonesia.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Pasukan Penjajah Zionis Israel Serbu Ibu Kota Palestina

Ramallah, Tentara Israel dilaporkan menyerbu Ibu Kota Palestina, Ramallah. Menurut keterangan sejumlah saksi mata, tentara …