Tuesday , November 20 2018
Beranda / Berita / BPPT Kirim Teknologi Arsinum Mobile Untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulteng
deras.co.id
BPPT Kirim Arsinum, Teknologi Air Siap Minum untuk Para Korban Gempa di Sulteng

BPPT Kirim Teknologi Arsinum Mobile Untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merancang suatu teknologi bernama Air Siap Minum (Arsinum). Teknologi ini akan dikirimkan kepada korban gempa yang mengguncang wilayah Lombok dan Palu.

Melansir Kompas.com, Rudi Nugroho, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT mengatakan bahwa teknologi Arsinum adalah teknologi untuk mengolah air dari berbagai sumber dan siap diminum tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Teknologi Arsinum sendiri terdiri dari dua macam yaitu Arsinum Fix dan Arsinum Mobile. Alat ini telah beroperasi sejak 10 September 2018.

Arsinum Fix merupakan unit pengolah air yang dipasang dalam bangunan permanen sehingga tidak dapat dipindahkan. Untuk kapasitasnya dapat mencapai 5.000 liter dengan performa 10 jam per hari.

Sedangkan Arsinum Mobile dirancang pada sebuah mobil khusus yang dapat melintas di daerah-daerah yang terkena bencana. Arsinum ini dapat berpindah-pindah sehingga mempermudah untuk menjangkau masyarakat. Namun, untuk kapasitasnya, Arsinum Mobile hanya mencapai 4.000 liter yang mampu memenuhi kebutuhan air minum untuk 2.000 orang per hari.

“Setiap kali unit Arsinum Mobile beroperasi, setidaknya ada sekitar 1.000 hingga 3.000 liter air bersih dan siap minum yang didistribusikan kepada 20 hingga 80 kepala keluarga. Total mencapai 65.000 liter sepanjang operasi,” kata Hammam Riza, Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, melansir Tempo.

Arsinum Mobile akan dipasang di mobil berkabin ganda dan dirancang khusus sehingga dapat menjangkau lokasi-lokasi daerah bencana yang kesulitan sumber air bersih. Arsinum Mobile dapat beroperasi walau tidak ada listrik karena akan dipasang panel surya sebagai salah satu sumber energi yang akan disimpan di dalam baterai.

Rudi menambahkan, Arsinum Fix telah dikirimkan ke Palu pada Rabu (3/10/2018) malam. Pengiriman Arsinum Fix ke Palu nantinya digunakan oleh tim bakti sosial yang dikoordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomaritim) RI dan ikatan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Untuk yang Arsinum Mobile dalam waktu dekat juga dijadwalkan untuk bisa ke Palu melayani suplai air minum warga Palu,” ujarnya.

Jenis air yang dapat diolah alat Arsinum Fix dan Arsinum Mobile yakni, air tanah, ar sungai, air banjir, air payau, air gambut, dan lainnya. Meski begitu, air dari Arsinum dinyatakan aman dikonsumsi karena telah memenuhi standar air minum berdasarkan Permenkes Nomor 416/MENKES/PER/IX/1990.

Pihak BPPT telah mendistribusikan Arsinum Fix dan Arsinum Mobile ke beberapa daerah di Indonesia yang pernah terkena musibah, seperti gempa di Yogyakarta pada 2006, banjir di Pluit pada 2012, dan di Lombok pada 2018.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Baca Juga

deras.co.id

Gathering HUT ke-57, Tingkatkan Kekeluargaan & Silaturahmi KB Bank Sumut dan Nasabah

Medan, Seribuan warga mengikuti jalan santai dalam rangka Gathering HUT ke 57, Keluarga Besar PT …