Sunday , November 18 2018
Beranda / Berita / UNIMED Tandatangani MoU dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud
deras.co.id

UNIMED Tandatangani MoU dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud

Medan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menandatangani kerjasama dalam rangka pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra di Sumatera Utara. MoU ini juga disaksikan oleh Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU). Selain dengan Unimed, Badan PPB Kemdikbud juga menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Sumatera Utara. Penandatanganan MoU antara keduanya dilakukan oleh Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Prof. Dr. Dadang Sunendar dan disaksikan oleh Kepala Balai Bahasa SUMUT Dr. Fairul Zabadi. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung BBSU Medan (4/10). Turut hadir menyaksikan Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. dan Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd.

Tujuan nota kesepahaman ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dalam rangka pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra di Lingkungan Universitas Negeri Medan

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., mengatakan kami senang dan bangga serta menyambut baik jalinan kerjasama ini. Semoga akan dapat kita tindaklanjuti dalam berbagai kegiatan dan penelitian tentang kajian bahasa dan sastra yang ada di Sumatera Utara. SDM yang kami miliki dapat berkolaborasi dengan Tim Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa untuk menghasilkan kajian terbaik, salah satunya pelestarian bahasa daerah dan kepunahan bahasa yang ada. Kami sangat welcome kepada semua pihak untuk dapat menjalin kerjasama, karena dengan kerjasama akan menghasilkan berbagai temuan dan hasil dari kolaboratif bersama. Kami juga siap join research bersama, pelatihan pengembang bahasa dan kegiatan produktif lainnya.

Prof. Dr. Dadang Sunendar, selaku Kepala Badan mengatakan tujuan kami menjalin kerjasama dengan beberapa PTN/PTS di SUMUT adalah ingin berklaborasi bersama dalam pengembangan dan pembinaan bahasa di Sumatera Utara. PTN dan PTS yang ada di SUMUT lah yang punya kompetensi baik dalam hal penelitian dan pengembangan bahasa. Kami berharap MoU ini akan cepat kita tindaklanjuti dalam kegiatan nyata yang kita arahkan dalam pengembangan dan pembinaan bahasa. Baik dalam bidang penelitian, pelatihan dan berbagai kegiatan kemasyarakatan dengan tujuan pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra. Kami senang dapat menjalin MoU dengan PTN dan PTS yang ada di SUMUT. Semoga MoU ini akan membawa kebaikan bagi pengembangan dan pembinaan bahasa dan SUMUT.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Tausiyah Menyambut HUT Ke-57, Bank Sumut Hadirkan Syekh Ali Jaber

Medan, menyemarakkan Hut ke 57 Tahunnya, PT Bank Sumut menggelar tausiyah dan dzikir bersama Syekh …