Wednesday , December 12 2018
Beranda / Berita / Gelar Seminar Internasional Revolusi Industri 4.0, UNIMED Hadirkan Profesor Dari Berbagai Dunia
deras.co.id

Gelar Seminar Internasional Revolusi Industri 4.0, UNIMED Hadirkan Profesor Dari Berbagai Dunia

Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan menggelar Seminar Internasional ‘International Conference of Science of Education on Industrial Revolusi 4.0’ dengan tema “Corroborate the Role of Science of Education on Industrial Revolution 4.0”yang di gelar di Garuda Plaza Hotel Medan. Hadir dalam pembukaan acara Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd Rektor Unimed, WR I, WR III, WR IV, dan para Dekan Fakultas di lingkungan Unimed, ratusan dosen dan peserta Seminar Internasional dari berbagai daerah.

Seminar ini menghadirkan narasumber dari luar negeri yaitu Prof. Tohru Tanuichi dari Kanazawa University, Jepang, Prof. Dr. Mariani Binti MD Nor dari University of Malaysia dan Dr. Alive Chik dari Macquarie University, Australia.

Peserta seminar ini terdiri dari kalangan dosen, kepala sekolah, pengawas, guru dan mahasiswa dengan jumlah keseluruhan sebanyak 250 orang yang berasal dari berbagai daerah dan kabupaten Aceh, Dairi, Asahan, Deli Serdang ,Labuhan Batu, Langkat, serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Medan. Sedangkan peserta dosen barasal dari beberapa perguruan tinggi negeri yang ada di kota Medan dan di Aceh, yaitu Unimed, Universitas Sari Mutiara, Unika Santo Thomas, Univ. Panca Budi, UNP, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Utara serta mahasiswa S1, S2 dan S3.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan pada pembukaan acara “Bagaimana cara menguatkan ilmu pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0, karena kedepannya akan terjadi perubahan besar besaran di dunia pendidikan dan akan berkembang, dimana pertama yang harus kita fahami dalam mendidik adalah content knowledge dan dibarengi dengan technology knowledge yang mempengaruhi pelajaran, dan selanjutnya juga harus memahami pedagogical knowla=edge. Revolusi industri mempunya ciri nomor internet of think dimana kita sebagai pendidik harus memahami jaringan dan selanjutnya ciri kedua adalah big data, dimana kita bisa mengolah data yang besar menjadi informasi, pengetahuan dan kearifan yang menjadi kewajiban.” Ujar Pak Rektor Unimed.

Di era revolusi industri ini juga juga kita mengenal disruptive innovation, inovasi-inovasi yang memunculkan cara-cara baru yang lebih evisien dan efektif dimana nantinya akan muncul pekerjaan baru atau profesi baru. Oleh karena itu, seminar ini fungsi apa yang dipentingkan dunia pendidikan pada era ini dan pada hakikatnya.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Pasukan Penjajah Zionis Israel Serbu Ibu Kota Palestina

Ramallah, Tentara Israel dilaporkan menyerbu Ibu Kota Palestina, Ramallah. Menurut keterangan sejumlah saksi mata, tentara …