Friday , October 30 2020
Beranda / Berita / Kerjasama dengan Pemkab, Labuhanbatu Siap Dialiri Listrik 100 Persen
deras.co.id

Kerjasama dengan Pemkab, Labuhanbatu Siap Dialiri Listrik 100 Persen

Rantau prapat, Setelah Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas), kini giliran Pemkab Labuhanbatu yang dijamin mendapatkan kemudahan listrik.

Semua itu tertuang dalam kegiatan ‘Penandatanganan Kesepakatan Bersama Sinergi Informasi dan Kemudahan Mendapatkan Listrik Bagi Penanam Modal Serta Menuju Desa Berlistrik 100 Persen di Kab. Labuhanbatu’ yang digelar di Aula Pemkab setempat, Jl. Sisingamangaraja, Rantauprapat, Selasa (16/10/2018).

MoU dihadiri langsung Plt Bupati Labuhan Batu, Andi Suhaimi Dalimunthe, GM PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Feby Joko Priharto, Manajer PLN UP3 Rantauprapat, Rizal Azhari, Sekdakab Labuhan Batu, Ahmad Muflih Nasution, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa.

“Guna mendapatkan listrik di seluruh wilayah di Sumut. Gubsu dan PLN Wilayah Sumut sudah melakukan MoU. Dan, PLN komitmen untuk menjalankan kesepakatan tersebut dengan melakukan MoU kepada kepala daerah (Bupati/Walikota)” ungkap GM PT PLN UIW Sumut, Feby Joko Priharto.

Dikatakan Feby, penandatanganan kerjasama ini bisa terwujud karena PLN sudah surplus antara 10 hingga 12 persen. Dan pada Juni 2018 lalu, defisit listrik sudah terhenti. Dan MoU ini diharapkan mendapat dukungan penuh dari Bupati Labuhanbatu beserta seluruh perangkatnya.

Feby menyebutkan, gangguan listrik seperti pemadaman kerap disebabkan pohon yang menempel ke kabel. Saat ini PLN masih memakai kabel kawat untuk mengaliri listrik kepada masyarakat.

“Untuk tidak mengalami gangguan listrik akibat kabel, kepada masyarakat diminta untuk melakukan penebangan dan pemotongan pohon. Musim hujan, gangguan listrik sering terjadi,” terangnya.

Ditambahkannya juga, petugas PLN yang bertugas selalu dengan ketentuan dan prosedur. Apabila, ada petugas yang melakukan pengutipan, maka itu bukan dari PLN.

“Jika ada petugas yang meminta uang kepada masyarakat, itu bukanlah petugas PLN. Jika ada bukti dan benar dilakukan oleh petugas PLN. Saya langsung pecat petugas PLN itu. Saya tidak akan toleransi bagi petugas yang meminta uang kepada masyarakat. Saya langsung pecat sekarang juga,” tegasnya.

Sementara, Manager PT PLN UP3 Rantauprapat, Rizal Azhari mengatakan, MoU ini bukti PLN dan Bupati untuk menuju Desa berlistrik 100 persen di Labuhanbatu.

“MoU ini bukti keseriusan PLN dalam program menuju listrik 100 persen. Dan kita mengapresiasi Pemkab Labuhanbatu yang mendukung program dari PLN,” sebutnya singkat.

Sedangkan Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi dalam sambuatannya mengatakan, MoU ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu. Sebab, saat ini masih banyak masyarakat di Desa-desa yang belum menikmati dan teraliri listrik.

“Tercatat ada 4 desa lagi yang belum teraliri listrik di daerah pesisir. Untuk Labuhanbatu, saat ini hanya sekitar 80 persen masyakarat yang teraliri listrik. Saya akan membuat kemajuan sesuai MoU dengan PLN, masyarakat Labuhanbatu akan menikmati dan teraliri listrik 100 persen,” kata Bupati.

Menurut Andi, kendala terbesar yang menyulitkan pendistribusian listrik adalah tidak layaknya infrastruktur untuk mencapai desa yang dimaksud. Nantinya, Pemkab akan berupaya untuk memperbaiki akses menuju desa agar memudahkan petugas PLN melakukan pemasangan jaringan.

“Atas nama masyarakat, saya mengucapkan terimakasih kepada PLN atas komitmennya untuk mengaliri listrik sampai ke pelosok. Kegiatan ini untuk masyarakat Labuhanbatu. Saya yakin dengan adanya kesepakatan ini mampu memberi kemajuan yang berarti untuk Labuhanbatu sendiri” tandasnya.

Kegiatan yang dihadiri langsung GM PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara Feby Joko Priharto dan Manajer PLN UP3 Rantauparapat Rizal Azhari inipun disambut antusias Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe.

Sebagai bentuk komitmen PLN untuk melistriki Labubanbatu 100 persen di tahun 2019, kegiatan inipun ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe dengan Manajer UP3 Rantauprapat Rizal Azhari.

Dalam kerjasama ini juga, PLN juga memastikan adanya peningkatan layanan untuk beberapa titik di jajaran Pemkab dari reguler menjadi premium silver diantaranya rumah dinas bupati, kantor bupati dan RSUD Labuhanbatu.

Baca Juga

Bulan Bahasa & Sastra 2020: INALUM Dinobatkan Sebagai BUMN Percontohan Pengutamaan Bahasa Indonesia

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM dinobatkan sebagai BUMN percontohan pengutamaan Bahasa Indonesia di …