Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Kutuk Penolakan Habib Bahar, MUI: yang Intoleran Adalah Pihak yang Menghadang Habib Bahar
deras.co.id
Ormas adat menolak kedatangan Habib Bahar. (Foto: Okezone/Subhan Sabu)

Kutuk Penolakan Habib Bahar, MUI: yang Intoleran Adalah Pihak yang Menghadang Habib Bahar

Jakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras tindakan ormas adat di Sulawesi Utara yang menolak kedatangan Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith dan Habib Hanif bin Abdurrahman Al Atthos di Manado‎. Menurut MUI, penolakan tersebut merupakan tindakan intoleransi.

“MUI menolak dan mengutuk keras sikap intoleran pihak manapun dengan alasan anti NKRI,” kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI, Muhyiddin Junaidi kepada Okezone, Rabu (17/10/2018).

Muhyiddin menjelaskan, kedatangan dua Habib tersebut tidak ada sama sekali kaitannya dengan kampanye pasangan calon presiden. ‎Kedatangan Habib Bahar dan Habib Hanif untuk memenuhi undangan resmi dari keluarganya.

Foto: Okezone/Subhan Sabu

Oleh karenanya, Muhyiddin tidak sepakat dan sangat mengutuk adanya penolakan kedatangan Habib Bahar serta Habib Hanif di Manado. “Ini bukti bahwa yang intoleran adalah pihak yang menghadang Habib Bahar di Bandara,” terangnya.

Sekadar informasi, sejumlah ormas gabungan Adat di Sulawesi Utara menolak kedatangan dua dari empat Habib yang akan mengisi tabligh akbar di Manado pada Senin, 15 Oktober 2018. Dua Habib yang ditolak tersebut yakni Bahar dan Hanif.

Baca juga: Baca, Begini Kronologi Lengkap Penolakan Habib Bahar Di Manado

Sementara dua Habib lainnya yakni, Habib Husen bin Muhammad Assegaf dan Habib Abubakar bin Salim bin Smith tidak ditolak kedatangannya. Rencananya, ‎empat Habib itu akan mengikuti Haul Akbar ke-7 dari Habib Ali bin Abdurrahman bin Smith serta doa bersama untuk Palu dan Donggala.

Foto: Okezone/Subhan Sabu

Penolakan Habib Bahar dan Habib Hanif diduga karena keduanya pimpinan Front Pembela Islam (FPI) serta ceram‎ahnya dituding kerap memprovokasi umat Islam untuk melakukan kekerasan. Sementara Habib Hanif merupakan menantu dari pentolan FPI, Habib Rizieq Shibab.

MUI sendiri menekankan bahwa kedatangan dua Habib tersebut karena adanya undangan resmi dari pihak keluarga. Karena itulah, MUI tidak sepakat dengan tindakan sejumlah ormas adat itu.

“Kehadiran Habib atas undangan resmi keluarga Habib Smith dalam rangka haul. Tidak ada kaitannya dengan kampanye dan sebagainya. Kebetulan dia (Habib Hanif) menantu Habib Rizieq,” ujarnya.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …