Tuesday , November 13 2018
Beranda / Berita / Berdayakan Masyarakat, Mahasiswa UNIMED Olah Limbah Hasil Laut Jadi Pelet dan Kerupuk
deras.co.id

Berdayakan Masyarakat, Mahasiswa UNIMED Olah Limbah Hasil Laut Jadi Pelet dan Kerupuk

Medan, Tim Mahasiswa Universitas Negeri Medan menjadi salah satu yang berhasil lolos mewakili provinsi Sumatera Utara dalam Program Hibah Bina Desa (PHBD) yang didanai oleh Ristekdikti.

Tim PHBD Unimed yang berhasil lolos adalah Organisasi UKMI Ar-Rahman Unimed yang melakukan pembinaan di Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kegiataan ini dihadiri Kepala Desa Abdul Hafiz,  Ketua PKK Rabiatul Adawiyah, serta ibu- ibu PKK dan juga pemuda desa. Kegiatan pembinaan ini telah dilaksanakan selama 4 bulan dimulai bulan Juli sampai 15 Oktober 2018.

Program kegiatan yang dilakukan Tim PHBD UKMI Ar-Rahman di ketua oleh Diva Almira sebagai Ketua kelompok dan anggota nya yaitu Kiki Santoso, Linda Rahmadani Harahap, Muhammad Irsyad Rasyidi,  Nur Laili Kamila , Rahmad Fauzul Yusro , Rahmad Saleh Laia , Raisa Nabila, Siti Parawita, , Safrijal, Siti Parawita serta  Zamaluddin dan didampingi oleh dosen pembimbing Dr. Rahmatsyah, M.Si.. Adapun kegiatan yang dilakukan mereka adalah pemberdayaan masyarakat nelayan kreatif (PMNK) untuk optimalisasi limbah ikan guna meningkatkan perekonomian Di Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu.

“Kami memilih Desa paluh sibaji karena kami menggangap daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk berkembang dari sumberdaya alam lautnya yang melimpah dan juga sumberdaya manusianya,” Ujar Diva selaku ketua tim.

deras.co.id

 Dalam kegiatan binaan yang diadakan dilakukan pelatihan secara bertahap mulai dari rekayasa ide agar warga mampu memanfatkan limbah hasil tangkapan laut kemudian dilaksanakan pelatihan pembuatan kerupuk dan pembuatan pelet ikan.

“Kami mengucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Desa, seluruh staff dan warga desa yang ikut mendukung program ini, ketahuilah bahwa adik-adik kita Mahasiswa ini adalah satu dari 2 kelompok yang terpilih di sumatera utara untuk menjalankan program PHBD Tahun 2018 oleh karenanya mari kita apresiasi dan dukung serta manfaatkan dengan bai kapa yang telah adik-adik buat dan lakukan” Ujar Dr. Rahmatsyah, M.Si dalam sambutannya.

Tim PHBD UKMI Ar-rahman juga melakukan pembinaan dan pelatihan mengenai cara memasarkan produk, penjualan produk dengan sistem online, mengenalkan relasi agar lebih mudah memasarkan produk.

“ Kami optimis akan memanfatakan semua yang telah diberikan oleh adik-adik mahasiswa karena ibu-ibu dan seluruh warga disini orangnya rajin dan mudah dibina, kita juga bersyukur karena desa kita ini adalah satu-satunya desa di Deli Serdang yang beruntung untuk mendapatkan hibah program ini” Ujar Ibu Rabiatul Adawityah yang Merupakan Ketua PKK.

Tim PHBD UKMI Ar-Rahman Universitas Negeri Medan secara bertahap akan terus melakukan monitoring keberlanjutan program agar program yang dilakukan dapat berjalan dengan baik secara kontinu dan memberi manfaat yang nyata terhadap seluruh warga Desa Paluh Sibaji. Selain itu juga tim akan melakukan evaluasi agar dapat meningkatkan program lebih baik lagi.

Sumbr: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Hijrah Fest 2018, UAS Takjub Melihat Peserta Kajian Diisi Anak-Anak Muda

Jakarta, Ustadz Abdul Somad (UAS) takjub dengan antusiasme masyarakat menghadiri kegiatan Hijrah Fest 2018 di Senayan …