Tuesday , November 20 2018
Beranda / Berita / Pemprov Sumut dan UNIMED Resmi Kerjasama Revitalisasi SMK
deras.co.id

Pemprov Sumut dan UNIMED Resmi Kerjasama Revitalisasi SMK

Deli serdang, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan melakukan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menyikapi era revolusi industri 4.0. Revitalisasi SMK bertujuan untuk mencetak sumberdaya manusia yang unggul dan berakhlak mulia dengan mengedepankan dua pilar yaitu mendongkrak keunggulan lokal Sumatera Utara, dan memperkokoh jaringan SMK dengan dunia industri.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Pemprov Sumut menggandeng Universitas Negeri Medan dan beberapa stakeholder lainnya. Hal ini diketahui dari penandatanganan MoU antara Pemprov Sumut dengan beberapa institusi dan dunia usaha, Rabu (17/10/2018), bertempat di SMK N 1 Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

Penandatangan kerjasama tersebut dihadiri oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Gubernur Sumatera Utara, Letjend (Purn) Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prananda Nasution, S.E ., Wakil Rektor Bidang Kerjasama Unimed, Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Dr. Arsyad Lubis, M.M., Dekat FT Unimed Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd, Kepala SMK Negeri Se-Sumut, beserta perwakilan institusi lainnya.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, peran SMK sangat vital untuk mewujudkan ‘Sumut Bermartabat’. Harapannya, ketika tamat, lulusan SMK harus mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“SMK itu kejuruan, begitu dia lulus harus ada yang dibuat. Dia lulus harus bermanfaat bagi orang lain,” harapnya.

Oleh sebab itu, Gubernur Edy mengajak seluruh kepala sekolah dan undangan yang hadir agar memperhatikan pendidikan.

“Para kepala sekolah, guru, jadilah the great prayer. Jangan sepelekan doa. Kemudian buat siswa-siswa kita itu menjadi pemimpi yang hebat. Kasih sayangi mereka. Dan jadilah contoh tauladan. Jangan pantang menyerah dan harus rela berkorban untuk memajukan Sumatera Utara”, ujar Edy.

Rektor Prof Syawal Gultom menyambut baik kerjasama ini karena sejalan dengan upaya intens yang telah dibangun Unimed selama tiga tahun terakhir, yakni membina sekolah se-Sumatera Utara sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. MoU yang ditandatangani kali inipun merupakan pengembangan dari kerjasama Unimed – Pemprov Sumut yang telah dibangun sebelumnya.

Menurut Prof Syawal, revitalisasi SMK juga sejalan dengan pembelajaran di Unimed yang berbasis pada produk. “Pembelajaran itu hasilnya adalah produk”, katanya.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Gathering HUT ke-57, Tingkatkan Kekeluargaan & Silaturahmi KB Bank Sumut dan Nasabah

Medan, Seribuan warga mengikuti jalan santai dalam rangka Gathering HUT ke 57, Keluarga Besar PT …