Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Ini Alasan Kenapa Jangan Kunci Anak Dalam Mobil Saat Cuaca Panas
deras.co.id
Ilustrasi anak terkurung dalam mobil. (Getty Images/iStockphoto)

Ini Alasan Kenapa Jangan Kunci Anak Dalam Mobil Saat Cuaca Panas

Pada Sabtu (20/10/2018), seorang balita ditemukan meninggal akibat terjebak di dalam mobil yang terparkir sekitar 200 meter dari rumahnya. Bayi berusia 3,5 tahun ini diduga tewas akibat kehabisan oksigen.

Perlu diketahui bahwa meninggalkan anak-anak di dalam mobil dengan kondisi cuaca panas dan mesin dalam keadaan mati, sangatlah berbahaya. Dikutip dari Thenational.ae, hanya dalam waktu 20 menit, temperatur dalam mobil yang terparkir di luar ruangan akan meningkat hingga 50 derajat celcius.

“Keadaan ini sangat berbahaya bagi anak-anak terutama saat matahari bersinar bahkan dalam waktu satu menit. Ia akan merasakan dehidrasi, shock dan heatstroke,” kata Marwa Abdelfattah, dokter dari Brightpoint Royal Women Hospital, dilansir dari Kompas.com, Rabu (24/10/2018).

Gejala heatstroke dapat terjadi dalam hitungan menit. Ini karena adanya kenaikan suhu kabin secara drastis. Bahkan, dapat lebih tinggi dari suhu luar ruangan.

Akibatnya, tubuh anak akan berhenti bekerja menyebabkan kehilangan kesadaran dan kegagalan organ.

Tidak hanya terjadi pada anak-anak saja, orang dewasa juga dapat mengalami hal serupa. Dikutip dari Globalnews.ca, seorang pria 33 tahun pernah mencoba berada di dalam mobil saat cuaca terik selama 20 menit. Ia menggambarkan dirinya tidak dapat bernafas seperti dicekik oleh seseorang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, untuk berjaga-jaga, biarkan jendela mobil terbuka sekitar dua sentimeter. Ini dilakukan agar sirkulasi udara lancar bila kendaraan terparkir di luar dan terkena sengatan sinar matahari.

“Paling tepat memang berada di dalam ruangan, terlindung dari panas matahari. Tapi kalau tidak bisa, terpaksa diluar, buka sedikit jendelanya. Kita harus selalu mengontrol dan mengawasi kondisi kendaraan satu sampai tiga jam sekali,” ujarnya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Temperature mengungkapkan bahwa interior dalam mobil akan menjadi sangat panas bila dibiarkan dibawah terik matahari.

Para peneliti kemudian menyelidiki hal tersebut dengan menggunakan enam kendaraan, dua mobil kelas ekonomi, dua mobil sedan dan dua minivan. Keenam mobil tersebut berwarna silver. Mereka memarkir mobil pada hari yang bersuhu 35 derajat celcius selama satu jam di bawah terik matahari.

“Eksperimen ini mereplikasi apa yang mungkin terjadi dalam sebuah perjalanan untuk berbelanja. Kami ingin tahu bagaimana kondisi interior dalam mobilsetelah satu jam, kira-kira seperti waktu yang dibutuhkan untuk berbelanja,” kata Nancy Selover, peneliti dan pakar iklim di Arizona State University.

Hasil yang ditemukan, temperatur dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari dapat mencapai 47 celcius dalam waktu satu jam.

Para peneliti juga mendapati bahwa panas rata-rata dasbor mobil dapat mencapai 69 derajat celcius, setir mencapai 53 derajat celcius, dan kursi mencapai 51 derajat celcius.

Meski mobil terparkir di area teduh, temperatur di dalam mobil tetap bisa mencapai 38 derajat celcius dalam waktu satu jam atau tiga derajat celcius lebih tinggi dari suhu udara di luar mobil. Untuk dasbormobil bisa mencapai 48 derajat celcius, setir mencapai 42 derajat celcius, dan kursi mencapai 41 derajat celcius.

Selover mengatakan, seseorang yang berada di dalam mobilakan mengeluarkan kelembapan ke udara. Semakin banyak kelembapan di udara, maka ia tidak bisa berkeringat. Ini akan menurunkan temperatur tubuh karena keringat tidak bisa menguap dengan cukup cepat.

Hal inilah yang membuat anak dapat terkena heatstroke, di mana kondisi tubuh mencapai suhu 40 derajat celcius yang menyebabkan kerusakan otak dan organ.

Jika mobil terparkir di bawah terik matahari, seorang anak berusia dua tahun dapat mengalami heatstroke dalam waktu satu jam. Hasil ini tidak terlalu jauh berbeda meskipun mobil terparkir di bawah tempat teduh.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …