Tuesday , November 13 2018
Beranda / Berita / Tiongkok Kembangkan Teknologi Pengenalan Wajah Untuk Warganya
deras.co.id
Ilustrasi(Foto:metamorworks)

Tiongkok Kembangkan Teknologi Pengenalan Wajah Untuk Warganya

Tiongkok telah membangun teknologi pengenalan wajah untuk mengidentifikasi satu dari 1,3 miliar penduduk hanya dalam waktu tiga detik.

Proyek ini diluncurkan oleh Kementrian Keamanan Publik pada tahun 2015 dan masih dalam tahap pengembangan bersama dengan perusahaan keamanan yang berbasis di Shanghai.

Teknologi ini dirancang agar sistem dapat mencocokan wajah seseorang dengan foto identitasnya. Diketahui bahwa tingkat akurasi teknologi tersebut mencapai 90 persen.

Sistem terintegrasi ke jaringan kamera pengawas dengan menggunakan fasilitas cloud (komputasi awan) yang akan terhubung dengan pusat penyimpanan data.

Teknologi tersebut rencananya akan memiliki ruang penyimpanan sebesar 13 terabyte untuk menyimpan informasi dari setiap penduduk.

Chen Jiansheng, profesor teknik elektro di Universitas Tsinghua sekaligus anggota Komite Standardisasi Kementerian Pengawas Perkembangan teknis Pasukan Polisi, mengatakan, sistem tersebut harus dibangun pada skala yang tidak pernah dilakukan sebelumnya karena populasi Tiongkok sangat besar.

Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kebutuhan pemerintah seperti melacak pelaku kejahatan dan administrasi publik.

Bandara Hongqiao Shanghai sudah mulai menerapkan sistem check-in otomatis menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Dilansir dari ABC Net, Manajer Umum Spring Airlines, Zhang Zheng, mengatakan, banyak bandara di Tiongkok yang sudah menggunakan sistem pengenalan wajah untuk membantu mempercepat pemeriksaan keamanan.

Tidak hanya itu, sistem pengenalan wajah juga mulai diterapkan dalam kehidupan penduduk sehari-hari. Bahkan, polisi di Tiongkok telah menggunakan sistem ini untuk mengidentifikasi orang-orang yang terlihat mencurigakan saat berada di kerumunan.

Menurut media Tiongkok, salah satu restoran makanan cepat saji di Hangzhou juga memungkinkan para pelanggannya membayar dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Ratusan ATM di Macau pun sudah dilengkapi dengan sistem pengenalan wajah untuk menghindari pencurian uang.

Meski mendapat banyak tanggapan positif, tetapi beberapa orang tidak setuju dengan teknologi ini karena akan berdampak pada privasi mereka.

Penggunaan sistem pengenalan wajah ini merupakan bagian dari ambisi Tiongkok untuk menjadi pemimpin dunia dalam industri penerbangan.

Sumber: nationalgeographic.grid.id dikutip dari South China Morning Post dan abc.net

Baca Juga

deras.co.id

Hijrah Fest 2018, UAS Takjub Melihat Peserta Kajian Diisi Anak-Anak Muda

Jakarta, Ustadz Abdul Somad (UAS) takjub dengan antusiasme masyarakat menghadiri kegiatan Hijrah Fest 2018 di Senayan …