Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Basarnas Temukan Sinyal Black Box, 4 Kapal Dengan Ping Detector Dikerahkan
deras.co.id
Kabasarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi. (Foto:Bayu Nugraha)

Basarnas Temukan Sinyal Black Box, 4 Kapal Dengan Ping Detector Dikerahkan

Pencarian pesawat dan kotak hitam atau black box pesawat Lion Air yang jatuh pada Senin, 29 Oktober 2018, menemukan titik terang pada hari ketiga pencarian. Hari ini, atau hari keempat pencarian Basarnas akan menelusuri secara intensif wilayah yang diduga tempat beradanya kotak hitam.

Kepala Basarnas Marsekal Madya M. Syaugi mengatakan hari ini, 1 November 2018, pihaknya akan menelusuri area ‘ping locator,’ atau area di mana sinyal ping dari kotak hitam sangat kuat dirasakan.

“Hari ini kami intensifkan area pencarian. Kemarin kita tak bisa melanjutkan karena arus di dalam laut sangat deras sehingga menghambat proses penyelaman. Semoga hari ini kondisi cuaca mendukung kami untuk bisa terus menemukan titik lokasi kotak hitam dan badan pesawat,” ujar M. Syaugi saat diwawancara tvOne, Kamis pagi, 1 November 2018.

Baca juga: Presdir Lion Air: Kami Akan Patuhi Apapun Arahan dan Putusan Menhub

Basarnas akan memaksimalkan empat kapal pencari yang memiliki teknologi ‘ping detector’ untuk mendeteksi di mana kotak hitam atau badan pesawat berada. Syaugi tak bisa memastikan, apakah kondisi badan pesawat masih utuh atau tidak.

“Soal kondisi badan pesawat, termasuk proses kecelakaan itu adalah wewenang KNKT. Saya tak bisa memastikan seperti apa,” ujarnya.

Selain arus yang deras, ujar Syaugi, di dasar laut juga banyak terdapat pipa milik Pertamina sehingga pencarian harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Ia berharap lokasi pesawat dan kotak hitam bisa segera ditemukan. Sebab, pagi ini pihaknya hanya akan memfokuskan pencarian yang dijangkau oleh ping locator. “Titik koordinatnya sudah jelas, jadi kami akan fokus di situ,” ujarnya.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …