Tuesday , November 13 2018
Beranda / Berita / UNIMED Miliki 6 Jurnal Terakreditasi Nasional
deras.co.id

UNIMED Miliki 6 Jurnal Terakreditasi Nasional

Jakarta, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd memiliki target salah satunya adalah memiliki jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional dan karya ilmiah dosen dalam penelitian dan penulisan artikel ilmiah terus meningkat. Dua target ini terus beliau support secara fasilitas, finansial dan dana secara maksimal sehingga diakhir masa periode jabatan Rektor akan tercapai target tersebut secara maksimal.

Saat ini Unimed telah memiliki 92 Jurnal ilmiah online yang terus berbenah dalam meningkatkan kualitas publikasi dan sebagian besar sedang proses pengusulan akreditasi jurnal di Ristekdikti. Dalam waktu ( 3 bulan Juli-September 2018, Unimed berhasil mengantarkan 6 jurnal Unimed telah terakreditasi nasional Ristekdikti, yang hari ini Sabtu, 3 November 2018 keenam jurnal tersebut resmi menerima sertifikat terakreditasi nasional Ristekdikti di Jakarta. Penyerahan sertifikat langsung diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemristekdikti Dr. Sadjuga.

Keenam Jurnal yang telah terakreditasi nasional Ristekdikti tersebut adalah : 1). Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial (JUPIIS) FIS, 2). Jurnal Geografi FIS, 3). Journal Physical Education, Health dan Recreation PJKR FIK, 4) Jurnal Handayani FIP, 5) Jurnal Guru Kita FIP, dan 6). Jurnal Sekolah FIP.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dikantor Rektor mengatakan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi 6 pengelola jurnal dilingkungan Unimed yang telah berhasil memperoleh akreditasi nasional dari Kemristekdikti. Semoga keberhasilan ini menjadi semangat bagi pengelola jurnal lain untuk terus bekerja keras agar Unimed memiliki jurnal ilmiah terakreditasi nasional yang terus meningkat. Saat ini kita memiliki jurnal ilmiah cukup banyak yakni 92 jurnal, kami pimpinan akan terus mendorong, memberikan dukungan secara serius agar jurnal-jurnal tersebut dapat mayoritas terakreditasi nasional, karena saya selaku Rektor memiliki target yang salah satunya adalah Unimed memiliki banyak jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan karya tulis ilmiah dosen yang terindeks scopus dan bereputasi terus meningkat. Kami pimpinan akan terus bekerja sama secara maksimal agar target itu dapat terealisasi dengan baik.

lanjut Prof. Syawal, ini merupakan salah satu prestasi Unimed, karena sudah ( 5 tahun Unimed tidak memiliki jurnal yang terakreditasi, dan hari ini Unimed telah memiliki 6 jurnal yang terakreditasi nasional. Bagi jurnal yang telah terakreditasi nasional kita harapkan dapat terus memberikan pendampingan bagi jurnal lain agar bisa mencapai akreditasi dalam waktu dekat juga, karena saat ini ada 22 jurnal Unimed yang sedang menunggu hasil reviewer untuk terakreditasi. Kami Unimed juga mengundang penulis-penulis profesional untuk dapat mengirimkan tulisannya ke 6 jurnal yang terakreditasi tersebut, sehingga target capaian 40 % penulis dari luar Unimed setiap jurnal akan terus tercapai. Bagi pengelola jurnal harus lebih selektif dan profesional dalam menseleksi artikel untuk diterbitkan, sehingga kualitas terbitan terus terjaga dengan baik.

Dr. Sabaruddin Yunis B, M.Pd, setelah menerima sertifikat akreditasi jurnal nasional di Jakarta mengatakan, kami 6 pengelola Jurnal sangat mengucapkan terima kasih atas dukungan, bantuan, dorongan yang luar biasa dari Bapak Rektor, Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan Unimed. Kami terus bermohon kepada pimpinan agar memberikan dukungan secara maksimal kepada kami dan seluruh pengelola jurnal dilingkungan Unimed. Sehingga target pak Rektor tersebut dapat kita sahuti dengan baik dengan jurnal Unimed banyak yang terakreditasi nasional. Setelah sampai ke kampus, kami akan terus bekerja keras dan aktif sharing pengalaman kepada pengelola jurnal lain agar dapat berhasil terakreditasi juga. Semoga semangat untuk maju dan berprestasi terus bergelora bagi pengelola jurnal dan seluruh civitas Unimed, sehingga ketercapaian visi dan misi akan terwujud, aamiin.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Hijrah Fest 2018, UAS Takjub Melihat Peserta Kajian Diisi Anak-Anak Muda

Jakarta, Ustadz Abdul Somad (UAS) takjub dengan antusiasme masyarakat menghadiri kegiatan Hijrah Fest 2018 di Senayan …