Tuesday , November 13 2018
Beranda / Berita / Teleskop Milik NASA Berhenti Beroperasi Setelah 9 Tahun
deras.co.id
Teleskop Kepler.(Foto:NASA/JPL)

Teleskop Milik NASA Berhenti Beroperasi Setelah 9 Tahun

Salah satu teleskop luar angkasa milik NASA, Kepler, harus berhenti mengudara setelah sembilan tahun beroperasi. Para ilmuwan telah menghentikan aktivitas Kepler di luar angkasa karena kehabisan bahan bakar.

“Kepler telah mengajari kita bahwa planet ada di mana-mana dan sangat beragam,” kata Jessie Dotson, ilmuwan proyek Kepler.

Menurutnya, Kepler telah kehabisan bahan bakar selama berbulan-bulan. Mereka sempat berniat memperpanjang masa operasionalnya, tetapi tank pada Kepler telah kering dua minggu lalu.

“Ini menandai berakhirnya operasi pesawat ruang angkasa untuk Kepler, dan akhir dari pengumpulan data sains,” ujar Paul Hertz, kepala Astrophysics Division.

Kepler diluncurkan pada tahun 2009 dan dilengkapi dengan kamera digital terbesar untuk pengamatan luar angkasa pada saat itu.

Kemunculan Kepler membantu ilmuan di Bumi yang memiliki pengetahuan terbatas tentang planet di tata surya.

Teleskop ini telah menemukan keberadaan ribuan planet yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Meski sistem kemudi tidak dapat berfungsi dan bahan bakar hidrazine semakin menyusut, tetapi teleskop senilai 600 juta dollar AS ini dapat berfungsi selama sembilan tahun — melampaui prediksi sebelumnya.

ini, Kepler hanya menunggu untuk dinonaktifkan pemancar dalam dua minggu ke depan. Setelah itu, Kepler akan hilang dalam orbit dan menjauh dari Bumi.

Sumber: nationalgeographic.grid.id dikutip dari space.com

Baca Juga

deras.co.id

Hijrah Fest 2018, UAS Takjub Melihat Peserta Kajian Diisi Anak-Anak Muda

Jakarta, Ustadz Abdul Somad (UAS) takjub dengan antusiasme masyarakat menghadiri kegiatan Hijrah Fest 2018 di Senayan …