Tuesday , November 13 2018
Beranda / Berita / Tim Dosen UNIMED Sumbangkan Mesin Perajang Nilam Ke Kelompok Tani Di Paluta
deras.co.id

Tim Dosen UNIMED Sumbangkan Mesin Perajang Nilam Ke Kelompok Tani Di Paluta

Padang lawas, Dalam mewujudkan tugas tridar­ma pergu­ruan tinggi, beberapa dosen Unimed berhasil melatih dan menyumbangkan mesin perajang Nilam kepada masyarakat kelompok tani nilai di desa Batang Baruhar Julu, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara pada tanggal 3-4 November 2018 lalu. Kegiatan yang dilakukan ini wujud dari pengabdian masyarakat yang didanai oleh Kemristekdikti setelah bersaing dengan usulan dosen dari seluruh Indonesia.

Tim dosen Unimed yang berhasil memperoleh dana hibah pengabdian pada masyarakat di ketuai oleh Prof. Dr. Sumarno, M.Pd (Dosen FT) dengan dua anggota yakni Ir. Batumahadi, ST. MT. (Dosen FT) dan Dr. Azizul Kholis, SE., M.Si, (Dosen FE).

Sasaran kegiatan pengabdian masyara­kat pada kelompok tani pembudidaya tanaman nilam ini agar efisiensi dan produktivitas usahanya makin meningkatkan, sehingga para kelompok tani memiliki semangat untuk mengembangkan bisnis usahanya. Melalui kegiatan ini juga dilakukan sharing diskusi aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka alami, sekaligus memberikan masukan solusi untuk penanggulangannya.

Baca juga: Dosen UNIMED Hibahkan Mesin Pengering Kerupuk Jangek Kepada UKM Medan Denai

Prof. Dr. Sumarno, saat diskusi aktif dan memberikan bantuan mesin perajang nilai kepada kelompok tani mengatakan, rasa syukurnya kami dari Unimed dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kelompok tani di Palas ini. Pada prinsipnya kami sama dengan masyarakat yang setiap harinya bergelut dalam usaha yang mereka alami. Namun dunia kerjanya saja yang berbeda, kami di pendidikan, sementara mereka di pertanian. Melalui ilmu yang kami miliki dan rancangan kegiatan yang berhasil di danai oleh pemerintah melalui Kemristekdikti ini kami ingin memberikan kebermanfaatan ilmu yang kami miliki untuk kemaslahatan masyarakat. Semoga teman-teman dosen yang lain juga terus terdorong untuk memberikan bantuan moril dan materil dalam wujud nyata kepada masyarakat. Sungguh ini merupakan wujud kepedulian dunia kampus kepada masyarakat, dan menjadi satu kewajiban bagi dunia akademik dalam melaksanakan tri dharma kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan shering informasi.

 Baginda Nahombang Siregar, salah saorang kelompok tani nilam mengatakan, kami terima kasih tak terhingga kepada tim dosen dari Unimed yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kami dalam mengembangkan usaha yang kami geluti. Begitu juga bantuan mesin perajang nilam yang sangat kami butuhkan ini. Titip salam kami kepada Bapak Rektor Unimed yang telah memberi dukungan kepada dosennya untuk melakukan pengabdian masyarakat kepada kami. Kami sangat bersyukur dan berharap tidak hanya kegiatan ini saja yang dapat dilakukan. Bagi masyarakat di Palas ini sungguh banyak kelompok tani yang membutuhkan bimbingan dan bantuannya untuk mengembangkan usaha dan menyelesaikan segala permasalahan yang menghambat. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami karena telah mampu memecahkan permasalahan dibidang produksi  khususnya  dalam  hal  proses  perajangan nilam kini sudah terpecahkan, sehingga dapat memangkas waktu dan ongkos produkasi, meningkatkan ekonomi usaha nilam, serta meningkatkan SDM kelompok tani nilam dalam memanfaatkan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan masayrakat. Kami doakan semoga kegiatan ini menjadi nilai ibadah dan Unimed terus maju menjadi kampus kebanggaan masyarakat SUMUT.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Hijrah Fest 2018, UAS Takjub Melihat Peserta Kajian Diisi Anak-Anak Muda

Jakarta, Ustadz Abdul Somad (UAS) takjub dengan antusiasme masyarakat menghadiri kegiatan Hijrah Fest 2018 di Senayan …