Friday , August 23 2019
Beranda / Berita / Carut Marut E-KTP, Mendagri Jawab Kritikan ‘Tidak Becus’ Fadli Zon
deras.co.id
Menurut Tjahjo Kumolo, menyelesaikan masalah tidak bisa hanya dengan mengganti orang. Akan tetapi, pejabat bersangkutan harus bertanggung jawab dengan cara menyelesaikan masalahnya. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)

Carut Marut E-KTP, Mendagri Jawab Kritikan ‘Tidak Becus’ Fadli Zon

M

enteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo buka suara terkait pernyataan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang memintanya mundur dari jabatannya. Menurut Tjahjo sangat tidak adil apabila kesalahan seseorang dilimpahkan semuanya ke dirinya sebagai Mendagri.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga menilai, permintaan Fadli Zon menjadi pendidikan politik yang buruk. Sebab, semua kesalahan diselesaikan hanya dengan mengganti orang.

‎”Kalau itu kita biarkan maka kejahatan dan tindak pidana terus terulang sengaja dilakukan. Lalu, pejabat publik diminta tanggung jawab. Itu pendidikan politik yang tidak bagus,” ujar Tjahjo dalam keterangannya, Selasa (11/12).

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu menjelaskan, alih-alih meninggalkan jabatan, yang penting dilakukan adalah ia bersama jajaran Kemendagri berupaya menyelamatkan proyek e-KTP yang semrawut gara-gara masalah korupsi.

Saat ini, lanjut Tjahjo, Kemendagri terus membenahi carut-marut pendataan e-KTP. Buktinya sudah terlihat perbaikan dalam hal pendataan. Perekaman e-KTP pun hampir 97,3 persen.

“Secara perlahan dan pasti jajaran Kemendagri khususnya Dukcapil telah mampu mengurai masalahnya. Telah selesaikan masalah e-KPT. Perekaman e-KTP tersebut sukses bisa mencapai angka 97,3 persen seperti sekarang ini,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah gagal dalam urusan e-KTP. Hal ini karena dalam setahun ada empat kejadian yang berkaitan dengan e-KTP.

Tiga masalah di antarnya adalah tercecernya e-KTP. Sedangkan, satu masalah adalah penjualan blangko kartu identitas resmi kependudukan itu secara online.

“Saya kira saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri saja. Ini enggak becus mengurus masalah e-KTP, mengurus DPT dan juga mengurus data-data kependudukan. Ini masalah-masalah basic kok. Selama empat tahun ini ngapain aja?” ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/12).

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Para Pelajar Asal Jepang Disambut Tarian Tradisional Batak Toba Saat Berkunjung Ke Sekolah Ini

SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menyambut kedatangan sepuluh pelajar Ichikawa Jepang program Sister City …