Friday , October 23 2020
Beranda / Berita / Kyai Ma’ruf Amin Usul Anggaran BMKG dan BNPB Diperbesar
deras.co.id
Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin.(Photo : Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Kyai Ma’ruf Amin Usul Anggaran BMKG dan BNPB Diperbesar

Calon wakil presiden Ma’ruf Amin punya rencana memperkuat dua lembaga yang khusus menangani mitigasi dan penanganan bencana.  Kedua lembaga itu yakni Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Ma’ruf, Indonesia dikelilingi potensi rawan bencana atau ring of fire sehingga penguatan dua lembaga itu mendesak. “Itu harus kita perkuat fungsinya karena kita ini di daerah bencana,” kata Ma’ruf di kediamannya Jalan Situbondo, Jakarta, Rabu 26 Desember 2018.

Penguatan lembaga itu, saran Ma’ruf, harus ditunjang dengan anggaran yang memadai. Ia menyoroti, teknologi yang harus diperbarui terkait mitigasi bencana. Dan tak kalah penting, kata dia, perlunya kesadaran masyarakat terkait kewaspadaan ketika datang bencana.

“Anggarannya harus diperbesar, jadi jangan sampai begitu terjadi baru mencari anggaran. Jadi harus disiapkan,” ujarnya.

“Juga kepada masyarakat kita harus juga menyiapkan mereka untuk diberi edukasi pendidikan gempa dan tsunami. Dan saya mendukung rencana pemerintah yang akan mengajarkan ini sejak di SD,” ujarnya menambahkan.

Ma’ruf melihat, pemerintah saat ini sudah baik dalam penanganan bencana. Ketika berkunjung ke Banten kemarin melihat para korban tsunami, sejumlah rumah sakit dan peralatan medis bisa dikatakan mumpuni. Ia melihat, korban begitu banyak atas peristiwa bencana yang sebelumnya terjadi seperti di Lombok dan Palu karena minimnya kewaspadaan.

“Sehingga waktunya sudah terus waspada. Itu menjadi program-program yang harus kita canangkan nanti, lembaganya diperkuat, anggarannya diperbesar, peralatannya diperbaiki, disiapkan yang sebaik mungkin dan juga pendidikannya bagi masyarakat sejak dini.”

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Plh. Bupati Asahan Buka Secara Resmi Rakornis TP PKK

Plh. Bupati Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis …