Wednesday , January 22 2020
Beranda / Berita / Material Vulkanis Gunung Anak Krakatau ‘Sambangi’ Kepulauan Seribu
deras.co.id
Material vulkanik Anak Krakatau hanyut hingga pantai Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. (Foto: Pemkab Kepulauan Seribu)

Material Vulkanis Gunung Anak Krakatau ‘Sambangi’ Kepulauan Seribu

Jakarta, Material vulkanis yang berasal dari Anak Gunung Krakatau dilaporkan mencapai pantai Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Kamis (27/12). Koordinator Lapangan Pantai Pulau Harapan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Surya Ismail membenarkan temuan tersebut.

Ia mengatakan, material itu terlihat di pantai Pulau Harapan dan Pulau Kelapa. Namun, ia mengklaim abu tersebut tidak tersebar melalui udara, melainkan terbawa arus laut.

“Ya benar, (ada di) pulau Harapan dan Kelapa. Bukan (dari) awan, abunya datang lewat atas air, hanyutan,” katanya, Kamis (27/12).

Berdasarkan keterangan dari petugas di lapangan, material vulkanis mulai terlihat sejak Rabu (26/12) pagi. Material itu terdiri dari abu dan kerikil yang mengapung.

Baca juga: Tsunami Selat Sunda, PM Jepang Sampaikan Keprihatinan Via Telepon Ke Presiden

photo

“Bentuknya kerikil halus mengapung di laut, (bentuknya) seperti kacang hijau,” ujar dia.

Mendapati temuan itu, petugas lantas berusaha membersihkan material yang saat dikumpulkan mencapai 55 meter kubik. “Kalau di pulai Harapan sekitar 25 meter kubik. Kalau di Kelapa kemungkinan mencapai 30 meter kubik. Lebih banyak sebab Pulau Kelapa itu di atas pulau Harapan, jadi ini buangan dari pulau Kelapa,” ucapnya.

Pantauan Republika.co.id di Pantai Carita, Pandeglang, hingga Jumat (28/12) pagi status Anak Krakatau masih dalam level 3 (Siaga). Gunung api tersebut masih mengeluarkan suara gemuruh dan asap hingga ketinggian 2.500 meter.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Pejabat Tinggi Pasukan Hamas Ucapkan Belasungkawa Untuk Pendiri Mer-C

Ketua Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, mengirimkan telegram belasungkawa dan duka cinta ke Kantor MER-C …