Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Korban Meninggal Jadi 15 Orang, BNPB Ungkap Penyebab Longsor Cisolok
deras.co.id
Foto udara bencana longsor melanda kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 2 Januari 2019.(Foto:Antara/M Agung Rajasa)

Korban Meninggal Jadi 15 Orang, BNPB Ungkap Penyebab Longsor Cisolok

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho memutakhirkan data longsor di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sutopo menjelaskan, sebanyak 30 unit rumah tertimbun material longsor. Sejumlah 63 orang ditemukan selamat, tiga orang luka-luka, 15 orang ditemukan meninggal dunia (11 teridentifikasi dan 4 belum teridentifikasi) dan 20 orang dalam pencarian.

Sutopo menuturkan, penyebab terjadinya longsor lantaran ada keretakan di puncak bukit. “Ada kemungkinan hujan deras sebelumnya terjadi keretakan di puncak bukit. Di sana juga ada sawah juga, terjadi volume air,” kata Sutopo di kantornya, Jakarta Timur, Rabu 2 Januari 2019.

Sutopo menambahkan, faktor lain soal kemiringan dan terjalnya lereng lebih dari 30 persen. Masyarakat dinilai tidak tahu ada keretakan di puncak bukit. “Kemungkinan masyarakat di bawah tidak mengetahui adanya retakan. Kemudian terdengar suara gemuruh,” katanya.

Sutopo menjelaskan, pemerintah melalui PVMBG sebenarnya sudah memiliki peta yang bisa diakses untuk mengetahui daerah mana saja yang terpapar longsor. Hanya saja, sejauh ini masih banyak masyarakat yang mencari tahu peta tersebut.

“Peringatan dini dari pemerintah, sebenarnya sudah ada. Peta perkiraan longsor bisa dilihat seharusnya dari PVMBG. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum melakukannya,” ucap Sutopo.

Selain itu, Sutopo menuturkan, masyarakat di Cisolok masih belum mendapatkan pendidikan kebencanaan. Pun masih minim mendapatkan informasi soal bencana.

“Masyarakat di sana belum mendapat pendidikan kebencanaan, mereka belum siap. Minim mendapatkan informasi terkait bencana,” paparnya.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …