Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / NASA Akan Tabrakkan Pesawatnya Untuk Lindungi Bumi Dari Asteroid
deras.co.id

NASA Akan Tabrakkan Pesawatnya Untuk Lindungi Bumi Dari Asteroid

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, dikabarkan berencana menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid demi mencegah hantaman dahsyat dengan Bumi.

Selama ini sering dikabarkan sejumlah asteroid diprediksi menjadi ancaman bagi Bumi. Jika sampai terjadi tumbukan, ilmuwan berteori itu bisa menyebabkan peristiwa kepunahan massal, seperti memusnahkan dinosaurus di zaman dahulu kala.

Dilaporkan Mirror, 8 Januari 2019, asteroid yang hendak ditabrak oleh NASA sebenarnya bukan ancaman bagi Bumi, tetapi dengan menabraknya, kru dari badan antariksa itu akan dapat melihat apakah defleksi serupa akan bekerja pada asteroid masa depan.

Dalam tes tersebut, sebuah pesawat NASA akan menghantam sasarannya, yaitu asteroid Didymos. Tujuannya untuk melihat apakah misi itu dapat berhasil mengubah arah batu.

Didymos memiliki panjang sekitar 800 m dan mempunyai badan pengorbit sekunder – yang dikenal sebagai “moonlet”, berukuran 150 m.

NASA berencana mengirimkan wahana yang menghantam Didymoon layaknya komet. Dengan cara itu lintasan Didymoon dan Didymos akan sedikit bergeser. Wahana Asteroid Impact Mission(AIM) dan wahana pendaratnya akan menganalisa dampak benturan tersebut. Misi ini bertujuan mencari tahu apakah teknologi yang ada sanggup mengubah arah terbang asteroid yang mengancam Bumi.

Menggunakan teknologi canggih, pesawat ruang angkasa akan menabrak Didymos pada jarak 11 juta km dari Bumi.

Nancy Chabot, ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins dan ilmuwan proyek ini, mengatakan kepada Space:

“Pertahanan planet benar-benar tentang tata surya saat ini dan apa yang akan kita lakukan di masa sekarang. Ini adalah sesuatu yang akan Anda lakukan dalam 5, 10, 15, 20 tahun mendatang dengan baik, untuk mendorong asteroid sehingga tidak berdampak pada Bumi.”

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …