Monday , February 18 2019
Beranda / Berita / Survey Ini Ungkap 5 Ustadz Paling Berpengaruh Terhadap Pemilih, No.1…
deras.co.id
UAS dan HRS masuk dalam daftar 5 Ulama paling berpengaruh terhadap pemilih di Indonesia

Survey Ini Ungkap 5 Ustadz Paling Berpengaruh Terhadap Pemilih, No.1…

Tokoh agama merupakan salah satu orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap pemilih. Survei terbaru yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia, Denny JA atau LSI Denny JA, bahkan menyebut sebesar 51,7 persen pemilih menyatakan bahwa mereka sangat mendengar imbauan dari tokoh agama, seperti ustadz, pastor, biksu. Sedangkan tokoh yang lainnya, hanya di bawah 20 persen.

“Mereka yang menyatakan mendengar imbauan polisi hanya 11,0 persen, dan terpengaruh dengan imbauan atau pendapat pengamat hanya 4,5 persen,” kata Peneliti LSI, Ikrama Masloman di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu 14 November 2018.

Menurut Ikrama, survei itu dilakukan pihaknya secara nasional di 34 provinsi pada tanggal 10 sampai 19 Oktober 2018. Dia menyebut, survei tersebut menggunakan 1.200 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen.

“Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode mulstage random sampling,” ujarnya.

Survei diklaim, dilengkapi riset melalui metode FGD, analisis media, dan indepth interview. Biaya secara mendiri menggunakan dana yang dimiliki LSI Denny JA.

Ikrama mengatakan, tokoh agama dipilih karena soal keilmuannya yang dijadikan panutan bagi publik, sampai menjadi referensi publik dalam memilih sesuatu. Sehingga, pemilihan tokoh ulama ini melalui proses kriteria.

Hasilnya, ungkap Ikrama, ada lima tokoh yang dinilai punya pengaruh penting dan didengar imbauannya oleh publik, di antaranya :

1. Ustadz Abdul Somad (UAS)
Mengikuti imbauannya: 30,2 persen
Pernah mendengar: 59,3 persen
Menyatakan suka: 82, 5 persen

2. Ustadz Arifin Ilham
Mengikuti imbauannya: 25,9 persen
Pernah mendengar: 41,2 persen
Menyatakan suka: 84,4 persen

3. Ustadz Yusuf Mansyur (YM)
Mengikuti imbauannya: 24,9 persen
Pernah mendengar; 57,2 persen
Menyatakan suka: 84,9 persen

4. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)
Mengikuti imbauannya: 23,5 persen
Pernah mendengar: 69,3 persen
Menyatakan suka: 79,7 persen

5. Habib Rizieq Shihab
Mengikuti imbauannya; 17,0 persen
Pernah mendengar: 53,4 persen
Menyatakan suka: 52,9 persen.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Aliansi Komunitas Ingin Turut Membangun Siantar

Dua puluh komunitas yang tergabung dalam Forum Aliansi Komunitas Pematang Siantar melaksanakan Silaturahim dan Workshop …