Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Pengaruh Global Warming, NASA Akan Ukur Jumlah Karbon Di Hutan Dunia
deras.co.id

Pengaruh Global Warming, NASA Akan Ukur Jumlah Karbon Di Hutan Dunia

Hutan yang kerap disebut sebagai paru-paru dunia karena memproduksi oksigen, kini juga menyimpan banyak karbon akibat pemanasan global yang terus terjadi.

NASA yang ingin mengetahui seberapa banyak karbon yang ada di hutan dunia, meluncurkan sebuah satelit untuk mengukurnya.

“Penting untuk memahami bagaimana isi karbon dalam hutan sekarang. Kita perlu peta global yang baik, yang bisa menunjukkan jumlah karbonnya,” kata Ralph Dubayah dari Program GEDI NASA.

“Setiap kali menebang pohon, kita akan melepaskan karbon ke atmosfer, tapi tidak tahu berapa banyak jumlahnya,” imbuhnya.

forestclimatechange.org

Kini, NASA akan segera memperoleh peta global tersebut berkat satelit Global Ecosystem Dynamics Investigation (GEDI) yang diluncurkan pada awal bulan Desember lalu. Satelit seukuran kulkas tersebut sedang mengarah ke Stasiun Antariksa Internasional.

“GEDI adalah altimeter laser, jadi merupakan instrumen optikal aktif. Ada laser yang memancarkan pulsa cahaya menuju Bumi. Itu kemudian direfleksikan sehingga kami dapat menerimanya,” kata Bryan Blair, ilmuwan instrumen GEDI.

Kondisi Hutan Kalimantan hingga kini

Mengukur refleksi tersebut memungkinkan para ilmuwan menentukan dengan tepat ketinggian dan berat pepohonan di dalam hutan.

Hasilnya juga akan membantu para ilmuwan untuk mengetahui seberapa banyak karbon disimpan, di mana ada ruang untuk menanam lebih banyak pohon, serta berapa banyak karbon dilepaskan ke atmosfer.

Sumber: voaindonesia.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …