Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Gempar, Biaya Perceraian Termahal Orang Terkaya Di Dunia, Angkanya Fantastis
deras.co.id
CEO sekaligus pemilik amazon.com Jeff Bezos (Foto:Reuters)

Gempar, Biaya Perceraian Termahal Orang Terkaya Di Dunia, Angkanya Fantastis

Washington, Kabar mengejutkan datang dari orang paling tajir di dunia. Terlihat sangat harmonis di muka umum, Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie, mengumumkan perceraian mereka. Dengan harta gana-gini mencapai USD137 miliar (Rp1.928 triliun), perpisahan pasangan yang sudah bersama selama 25 tahun ini bakal menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Bezos, yang merupakan CEO, chairman, presiden, dan pendiri Amazon.com, adalah orang terkaya di dunia dan merebut gelar itu dari Bill Gates pertengahan tahun lalu.

Berdasarkan laporan Bloomberg, kekayaan bersihnya kini mencapai USD137 miliar. Namun, gelar tersebut terancam. Pasalnya, aturan di Washington menyebutkan kekayaan keluarga merupakan milik suami dan istri.

Jika Bezos dan MacKenzie bercerai, di atas kertas, Bezos harus membagi kekayaannya dengan MacKenzie. Artinya, Bezos harus merelakan USD68,5 miliar (Rp963 triliun) untuk MacKenzie. Namun, peraturan itu dapat tidak berlaku jika Bezos dan MacKenzie membuat perjanjian sebelum menikah (prenuptial).

Meski masih proses, perceraian itu berpotensi menjadi yang termahal di sepanjang masa.Perceraian Bezos sekaligus akan membuatnya lengser dari daftar orang terkaya di dunia. Pendiri Microsoft Bill Gates yang memiliki kekayaan USD92,5 miliar diprediksi kembali naik ke puncak.

Sebaliknya, MacKenzie berpeluang menjadi perempuan paling tajir di dunia. Saat ini gelar perempuan terkaya di dunia dipegang Francoise Bettencourt Meyers, cucu dari pendiri manufaktur kosmetik L’Oreal SA dengan kekayaan USD45,6 miliar.

Posisi kedua ditempati Alice Walton, anak pendiri Wal-Mart Franklin Clarence Mars dengan kekayaan USD43,6 miliar. Disusul Jacqueline Badger Mars, juga cucu Mars, dengan kekayaan USD33,3 miliar. Lalu, Susanne Klatten––anak pemilik saham BMW, dengan kekayaan USD19,9 miliar dan Laurene Powell Jobs, mantan istri Steve Jobs.

Kelima perempuan terkaya di dunia itu memperoleh hartanya dari warisan orang tua atau mantan suami. Mayoritas dari 66 perempuan terkaya di dunia di Indeks Bloomberg juga demikian. Sekalipun MacKenzie hanya menerima 1% dari kekayaan Bezos, dia akan tetap masuk peringkat perempuan terkaya versi Indeks Bloomberg.

Perceraian yang paling mahal sebelumnya dipegang miliarder asal Rusia Dmitry Rybolovlev menjadi headline, karena dia harus membayar lebih dari USD4,5 miliar terhadap mantan istrinya. Sementara sosialita New York, Jocelyn Wildenstein, menerima USD2,5 miliar dari suaminya.

Foto: Infografis CNBC Indonesia

Aktor terkenal Hollywood Mel Gibson yang memiliki aset USD850 juta juga harus membagi kekayaannya dengan Robyn Moore pada 2011. Sementara itu, pernikahan antara Steven Spielberg dan Amy Irving yang hanya bertahan selama empat tahun dan berakhir di pengadilan juga mencatat gana-gini sebesar USD100 juta.

Perceraian bintang basket Michael Jordan dengan Juanita Jordan pada 2006 juga tercatat memiliki nilai gana-gini USD168 juta. Begitu pun dengan musikus Neil Diamond yang harus membayar USD150 juta pada 1994 setelah berpisah dengan Marcia Murphey. Adapun Madonna membayar USD76-92 juta kepada Guy Ritchie pada 2008.

Ahli hukum Jennifer Payseno yang menangani perceraian kelas atas mengatakan tidak ada formula pasti pembagian aset di dalam konstitusi Washington. Namun, pasangan dari kalangan kelas atas biasanya menyepakati pembagian aset sebelum membawanya ke hadapan hakim. Rinciannya dikirim kepada pengadilan secara rahasia.

“Perkiraan saya ialah mereka mungkin sudah menetapkannya sehingga mengumumkannya. Angkanya saya kira tidak akan dipublikasikan,” kata Payseno. Bezos juga memiliki saham sebesar 16% di Amazon, Washington Post, dan Blue Origin. Dari kasus yang lain di Amerika Serikat, tidak semua perceraian berakhir dengan gana-gini.

Larry Ellison yang mengalami beberapa kali perceraian sahamnya tidak berubah di Oracle Corp. Begitu pun dengan salah satu pendiri Google, Sergery Brin setelah berpisah dengan Anne Wojciki pada 2015. Namun, sebagian besar kasus harus ditengahi dengan gana-gini, bahkan beberapa mantan istri mengajukan tuntutan lagi.

Sejauh ini, Bezos atau Amazon.com tidak mengeluarkan pernyataan terkait pembagian aset tersebut, termasuk saham sebesar 16%. “Namun, tanpa diragukan lagi, jika keduanya tidak menulis surat pernyataan sebelum menikah, kekayaannya pasti akan dibagi rata,” kata Karin Lundell dari firma hukum Rower LLC, dikutip Bloomberg.com.

Bezos mengumumkan rencana perceraiannya dengan MacKenzie setahun setelah dia menjadi orang terkaya di dunia. Para investor dinilai cemas karena khawatir perceraian akan memengaruhi performa Bezos. Namun jika perusahaan terus tumbuh dan menuai untung, dia dinilai akan tetap memimpin perusahaan teknologi itu.

Apa yang menyebabkan berpisahnya pasangan yang memiliki empat anak tersebut masih tanda tanya. Namun, seperti dilansir nypost.com, Bezos telah menjalin hubungan rahasia dengan Lauren Sanchez, mantan anchor televisi dan istri agen bakat Hollywood Patrick Whitesell. Hubungan antara Lauren dan Whitesell dilaporkan sedang tidak harmonis. Berdasarkan orang dekat Bezos, MacKenzie menyadari suaminya berselingkuh sejak lama.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …