Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Mendunia, Sekolah Islam Ini Promosikan Tarian Daerah Hingga Malaysia
deras.co.id

Mendunia, Sekolah Islam Ini Promosikan Tarian Daerah Hingga Malaysia

Dalam rangka mengenalkan budaya tradisional Indonesia, sebanyak 29 siswi SMP dan SMA YPSA menampilkan tarian daerah asal Indonesia di Sekolah Menengah Seni Kuala Lumpur.

Hal ini disampaikan Kepala SMA YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., selaku ketua rombongan saat kembali dari Malaysia di Bandara Kuala Namu, Kamis (28/2/19).

“Kegiatan yang dimulai tanggal 28 Februari sampai 3 Maret 2019 ini bertajuk Educultural Exchange Program: YPSA Dancing Team Goes to Malaysia 2019 yang diikuti siswi tim tari SMP dan SMA YPSA berjumlah 29 orang, 23 orang SMA, 6 orang SMP. Sedang guru Pendamping Kepala SMA YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., Guru Ekskul Tari Kamaluddin Nasution, dan guru Bahasa Indonesia dan Teater Dedek Novita Sari, serta Perwakilan Pemko Medan Bagian Hubungan Kerjasama Internasional Bapak Drs. Zainul Achmaddin Yaqin, M.A.P dan Bapak Drs. Djauzi Ilmi, S.H., M.M”, jelas Bagoes.

Bapak Drs. Zainul Achmaddin Yaqin, M.A.P yang sering disapa Pak Tom juga menambahkan, “Program ini dirintis bersama Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah dengan pemerintah kota Medan. Program ini untuk memotivasi para siswi untuk mengenal dan juga melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya budaya yang ada di Sumatera Utara. Mereka tampil begitu percaya diri di Sekolah Menengah Seni Kuala Lumpur, tak lain untuk mengenalkan bagaimana budaya tradisional kita melalui penampilan tarian daerah”.

“Ini juga sebagai wujud aplikasi ekstrakurikuler tari di SMP dan SMA YPSA yang dibimbing oleh guru tari Bapak Kamaluddin Nasution. Mereka sudah menampilkan tarian suku Aceh, Batak, Melayu, dan Minang. Pihak Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur juga sangat positif menyambut kami, dan ke depan melalui MoU bidang Kebudayaan yang sudah kita laksanakan, kita akan arrange tampilan tarian kolaborasi apakah itu di Malaysia atau di Indonesia nantinya. Selain itu, dalam kegiatan ini mereka juga mengunjungi Universitas Kuala Lumpur atau UniKL dan tempat-tempat wisata di Kuala Lumpur dan juga Melaka”, akhiri Bagoes.

Pembina YPSA Buya Sofyan Raz saat melepas keberangkatan siswi pada Rabu (27/2), mengungkapkan rasa bangganya kepada siswa SMP dan SMA YPSA ini.

“Kami merasa bangga kepada kalian dan buatlah penampilan sesempurna mungkin. Berprilaku yang baik selama disana dan tunjukkan bahwa kita sekolah Islam terbaik. Jangan merasa paling hebat. Belajar dan gali kemampuan kalian. Dan terakhir kali harus belajar manajemen waktu untuk dapat menjadi orang-orang yang disiplin.

Baca Juga

deras.co.id

Otto Sedih: Seolah – Olah Demokrasi RI Jadi Masalah

DERAS.CO.ID – Jakarta – Bambang Widjojanto (BW) menjadi salah satu pengacara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) …