Beranda / Berita / Baca, Ternyata Segini Total Kekayaan Ketua Umum PPP Bang ‘Rommy’
Rumahmegah Bang 'Rommy' Ketua Umum PPP di Condet (Foto; Warta Kota)

Baca, Ternyata Segini Total Kekayaan Ketua Umum PPP Bang ‘Rommy’

Jakarta, Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Rommy sedang berada di Surabaya, Jawa Timur saat terjaring OTT KPK di depan Hotel Bumi.

Rommy sendiri diketahui memiliki jumlah harta Rp 11,83 miliar. Jumlah harta tersebut adalah yang didaftarkannya pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2010.

Pria yang akrab disapa Rommy itu terakhir kali melaporkan jumlah hartanya pada 19 Maret 2010 saat menjabat anggota DPR periode 2009-2014.

Dilihat dari LHKPN, harta yang dimiliki Rommy terdiri dari yang tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Sleman. Totalnya mencapai Rp 2,55 miliar.

Selain itu, Rommy juga memiliki sejumlah harta bergerak seperti alat transportasi senilai Rp 775,5 juta. Selain itu, ada harta bergerak berupa perusahaan, yakni PT Dugapat Mas, senilai Rp 1,47 miliar.

Harta bergerak lainnya yang dimiliki Rommy yakni batu dan logam mulia senilai Rp 425 juta, surat berharga Rp 1,15 miliar, giro setara kas sebesar Rp 5,28 miliar, serta piutang Rp 164,7 juta. Dia tercatat tidak memiliki utang.

Rumah Rommy berlokasi di Jalan Batu Ampar III RT 4 RW 3, Kelurahan Batu Ampar, Kramat Jati. Harga tanah di kawasan rumah Rommy tersebut terbilang tinggi yang mencapai jutaan rupiah per meternya.

detikFinance menelusuri harga kavling di kawasan tersebut. Dari beberapa situs jual-beli rumah, harga per meter di kawasan itu mencapai jutaan rupiah per meter.

Baca juga: KPK Segel Ruang Menteri Agama, Ini Alasannya

Rumah Rommy(Foto: Ibnu-detikcom)

Mengutip situs rumah.com, beberapa pihak menawarkan harga tanah di kawasan Batu Ampar, Kramat Jati, mulai dari Rp 6 juta per meter. Bahkan, ada yang menjualnya hingga Rp 13 juta per meter.

Di situs lainnya seperti OLX.co.id, kavling di kawasan tersebut banyak dijual mulai dari Rp 5 juta per meter hingga Rp 15 juta per meter.

Selanjutnya di situs rumah.mitula.co.id, harga tanah yang berlokasi di pinggir jalan di kawasan tersebut mencapai Rp 15 juta per meter. Ada juga yang menjualnya seharga Rp 6,5 juta per meter, dengan surat SHM Lokasi strategis, bebas banjir.

Rommy yang merupakan cucu Menteri Agama RI ketujuh KH. Muhammad Wahib Wahab yang mengawali karier politiknya sebagai kader dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian, Rommy pindah haluan dan memilih PPP sebagai tunggangan politiknya.

Rommy turut mengasah politiknya di parlemen. Sempat menjabat staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Romy terpilih sebagai anggota DPR dan menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR yang membidangi masalah pertanian, perkebunan, kehutanan, pangan, kelautan, dan perikanan, sejak 30 Mei 2011.

Pada Pemilu Legislatif 2014 Rommy kembali terpilih sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII yang mencakup Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Sempat di Komisi III yang membidangi masalah hukum dan HAM, kini Rommy duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan.

Saat duduk di Komisi XI DPR RI, Rommy pernah mendukung dana aspirasi sebesar Rp 20 miliar untuk setiap anggota DPR. Saat itu ramai pembahasan mengenai Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau dikenal sebagai dana aspirasi.

Terkait dana tersebut, Rommy menilai dana sebesar itu merupakan hak masing-masing anggota. Dia juga pernah mengatakan bahwa dana aspirasi itu dapat digunakan oleh setiap anggota untuk lebih memudahkan dalam menyalurkan aspirasi masyarakat.

Dia yakin dana aspirasi tidak akan tumpang tindih dalam implementasinya. Sebab, menurutnya, besaran dana yaitu Rp 20 miliar per anggota disebut untuk masyarakat juga.

Sumber: detik.com

 

Baca Juga

deras.co.id

Berkah Ramadhan: Inalum Gelar Safari Ramadhan di 12 Kabupaten/Kota

Medan, Dalam rangka menyemarakkan suasana bulan Ramadhan 1440 H, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau …