Sunday , August 18 2019
Beranda / Berita / Human Error Lagi? Suara 01 Di Kebumen Bertambah Hingga 600
deras.co.id
Semua Capres-Cawapres kompak berbusana putih di Pilpres 2019 (Foto: Okezone)

Human Error Lagi? Suara 01 Di Kebumen Bertambah Hingga 600

Kesalahan input data perolehan suara pada laman Sistem Informasi Hitung atau Situng Komisi Pemilihan Umum atau KPU juga sempat terjadi pada salah satu tempat pemungutan suara atau TPS di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kesalahan input cukup fatal hingga menambah suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin mencapai 600 suara.

Kesalahan hitung pada aplikasi Situng itu terjadi di TPS 09, Desa Demangsari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Selasa 23 April 2019. Pada scan formulir C-1, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 104 suara dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 74 suara.

Namun, akibat kesalahan input pada Situng KPU, suara Jokowi-Ma’ruf justru berubah signifikan menjadi 704 suara atau bertambah 600 suara, sedangkan suara Prabowo-Sandi tetap 74 suara.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Ikhwanudin membenarkan ihwal perbedaan data antara form C-1 dengan aplikasi Situng KPU. Menurutnya, hal itu murni kesalahan input data oleh petugas.

“Saya sudah cek ke KPU Kebumen. Memang terjadi salah input data dan sudah dilaporkan ke operator Pusat (KPU) untuk dibetulkan,” kata Ikhwan, saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 23 April 2019.

Ikhwan menyebut kesalahan itu juga murni, karena human error atau kesalahan petugas saat menuliskan hasil hingga tidak sesuai dengan data C-1. Tetapi, ia memastikan kasus itu telah dikoreksi dengan KPU daerah melaporkan ke operator.

Ia menambahkan, yang harus dipahami masyarakat bahwa perhitungan yang dipakai nantinya tetap hasil pleno perhitungan suara manual. Maka, masyarakat bisa menanggapi persoalan itu dengan bijak.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Aplikasi ‘Dailyact’ Sosmed Buatan Anak Bangsa, Ada Fitur Admire

F acebook, Instagram dan Twitter adalah tiga media sosial terpopuler yang boleh dibilang hampir tak dapat dipisahkan dari kehidupan netizen …