Wednesday , November 13 2019
Beranda / Berita / Sebelum Boikot Nasi Padang, Ini 7 Makanan Khas Padang Ternikmat

Sebelum Boikot Nasi Padang, Ini 7 Makanan Khas Padang Ternikmat

Tanda pagar boikot nasi padang bergema di media sosial. Tagar ini tentunya dikaitkan dengan isu politik dan juga Pemilu 2019 yang baru saja berlangsung.

nasi padang adalah salah satu hidangan asli Indonesia yang sangat nikmat. Hidangan mirip nasi rames ini dipenuhi dengan aneka lauk kaya rempah, bumbu, dan santan. Bukan cuma enak dimakan, nasi padang juga sangat mudah ditemukan di mana pun, sama halnya dengan warung tegal. Dari yang murah sampai mahal, warung nasi padang mudah dijumpai di Jakarta.

Pakar kuliner William Wongso dalam bukunya yang berjudul Cita Rasa Indonesia mengungkapkan bahwa masakan Padang telah menjadi andalan bagi wisatawan asing maupun Indonesia. Berikut beberapa lauk nasi padang yang paling populer dan sedap.

1. Rendang

“Masakan Minang yang paling terkenal adalah rendang Padang. Masyarakat Sumatera Barat memiliki lebih dari 150 variasi rendang,” tulis William Wongso dalam bukunya.

“Setiap desa memiliki versinya sendiri.”

Rendang sendiri biasanya terbuat dari daging sapi atau daging kerbau. Daging yang dipotong-potong ini pun dibumbui dengan aneka bumbu dapur dan dimasak dalam santan kental selama berjam-jam. Proses pemasakan yang butuh waktu lama ini membuat rendang terkaramelisasi dan santannya berubah warna jadi kecokelatan.

Rendang sendiri sebenarnya bukanlah nama masakan melainkan teknik memasak, merandang. Merandang sendiri berarti memasak dengan lambat. Rasanya yang lezat dan dagingnya yang lembut membuat sajian ini pun sempat terpilih menjadi salah satu masakan paling lezat di dunia versi CNN.

2. Tunjang

Untuk Anda yang tak punya masalah dengan kolesterol, gulai tunjang bisa jadi pilihan saat pilih menu di restoran Padang.

Tunjang atau kikil kaki sapi ini memang memiliki tekstur yang kenyal dan dilengkapi dengan kuah santan yang cukup pekat. Tambahan sedikit cabai di dalamnya membuat gulai tunjang bakal melengkapi nasi padang.

3. Cincang


Cincang adalah salah satu sajian gulai khas padang yang juga sangat terkenal di kalangan pecinta nasi padang.

Berbeda dengan tunjang, untuk membuat cincang, bagian yang digunakan adalah daging yang memiliki banyak lemak. Sama seperti hidangan gulai lainnya, cincang juga dimasak dengan kuah santan dengan penggunaan cabai yang cukup banyak.

Jika tunjang berwarna kuning maka cincang berwarna kemerahan dan cukup berminyak.

Selain daging sapi, daging kambing juga sering dipakai untuk membuat hidangan yang juga sering disebut cancang ini.

4. Dendeng batokok


Satu hidangan yang boleh ketinggalan ketika memilih lauk nasi padang adalah dendeng batokok. Hidangan ini merupakan daging tipis yang digoreng kering dan dibumbi dengan sambal lado mudo alias cabai hijau.

Dalam bahasa Minang, batokok berarti memukul. Daging sapi tipis ini harus dipotong-potong dan dipukul dengan ulekan batu sehingga pipih dan bumbunya lebih meresap.

5. Ayam bakar dan ayam pop


Ayam bakar adalah pilihan paling aman di restoran padang.

Tak dimungkiri ayam bakar khas padang ini memang memiliki aroma bakaran yang khas dan unik. Aroma dan rasa unik ini berasal dari proses pembakarannya yang menggunakan batok kelapa dan juga arang.

Sedangkan ayam pop adalah pilihan populer untuk yang ingin makan ayam goreng. Tapi jangan samakan ayam pop dengan jenis ayam goreng lainnya.

Jika ayam goreng punya kulit yang renyah maka ayam pop tak punya tekstur garing dari kulitnya. Ayam pop memiliki warna goreng yang masih pucat dan dagingnya masih lembut.

6. Gulai otak

Otak dan santan, kombinasi yang sempurna untuk orang yang butuh makan siang berat. Gulai otak ini dikenal juga sebagai gulai banak.

Sama seperti sajian gulai lainnya, otak sapi yang sudah dibersihkan dan dilepaskan kulit arinya direbus bersama dengan santan.

Untuk mendapatkan rasa yang enak dan gurih, otak ini harus dimasak dengan metode slow cook alias memasak lambat.

Lihat juga: Rendang Makanan Terenak Dunia Versi CNN

7. Gulai kepala kakap


Jenis gulai yang satu ini juga tak kalah populer. Sajian gulai ini dimasak dengan bahan dasar kepala kakap. Hanya kepalanya saja.

Ikan kakap memiliki ukuran kepala yang sangat besar, jadi seporsi gulai kepala kakap ini bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus.

Sumber: cnnindonesia.com

Baca Juga

deras.co.id

Ledakan Di Maporestabes Medan, Diduga Bom Bunuh Diri

Aktivitas Mapolrestabes Medan terhenti dan orang-orang berhamburan keluar gedung setelah dikejutkan adanya ledakan pukul 08.45 …