Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / UNIMED dan Jurnalis Tingkatkan Silaturrahim & Sinergi
deras.co.id

UNIMED dan Jurnalis Tingkatkan Silaturrahim & Sinergi

Berastagi, Rektor Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengapresiasi kinerja jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ia pun berharap kemitraan Unimed dengan jurnalis terus berjalan dengan baik demi kemajuan Unimed sebagai universitas kebanggaan masyarakat Sumatra Utara.

“Kami sangat berterima kasih karena telah menyampaikan berita Unimed, baik tentang penerimaan mahasiswa baru yang menurut saya itu adalah jasa yang luar biasa. Karena telah menyampaikan informasi kepada masyarakat,” ujar Prof Syawal dalam acara Media Gathering Universitas Negeri Medan yang berlangsung di Berastagi,  Kabupaten Karo,  Senin (15/4/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 15 – 16 april 2019 ini diisi dengan acara dialog pendidikan, outbound gembira, dan ramah tamah.

Pada kesempatan tersebut, Prof Syawal mengisahkan sekilas tentang perjalanan Unimed. Disampaikannya,  bahwa di bawah tahun 2000, Unimed (dahulu IKIP Negeri Medan) hanya diminati 15 ribu mahasiswa, sehingga sulit terbayangkan untuk mencari orang-orang pintar yang mau memilih IKIP Medan pada waktu itu. Tetapi ternyata, katanya, tidak susah menarik orang pintar untuk menekuni sesuatu apabila ada kepastian profesi dan pekerjaan bagi lulusan perguruan tinggi.

Pada tahun 2005 diterbitkan Undang-Undang Guru dan Dosen yang menyatakan guru sebagai profesi. Dampaknya, jika guru sebagai profesi harus diperoleh melalui pendidikan khusus dan memiliki sistem kesejahteraan khusus pula.

Lalu 2007, kata Syawal, pemerintah merancang sertifikasi guru, selanjutnya pada 2008 keluar Peraturan Pemerintah untuk membayar tunjangan profesi guru.

“Pada 2009, peminat Unimed melonjak dari 15 ribu menjadi 55 ribu dan tercatat sebagai rangking satu nasional untuk jalur penerimaan mahasiswa baru saat itu. Ini artinya, orang meminati sebuah perguruan tinggi jika memberikan kepastian kepada alumninya,” ungkap mantan Kepala BPSDMPK-PMP  Kemendikbud ini.

Prof. Syawal sangat bersyukur kegiatan media gathering ini dapat terlaksana. Karena makna yang paling dalam yang didapat dari kegiatan ini adalah bentuk apresiasi para rekan jurnalis pendidikan yang senantiasa melakukan peliputan di Unimed. Menurutnya, media gathering merupakan cara mengapresiasi yang elegan berterima kasih kepada para jurnalis pendidikan.

Sebelumnya, Kepala Humas Unimed, Muhammad Surip, M. Si dalam laporannya mengatakan, media gathering ini diikuti 24 jurnalis dari media cetak, online dan elektronik.

“Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan hubungan kemitraan, silaturahmi dan hubungan emosional antara Unimed dan para jurnalis. Kami berharap para jurnalis dapat terus membantu Unimed dalam menyampaikan informasi pendidikan yang dibutuhkan masyarakat,” papar Surip.

Turut hadir dalam media gathering ini Jajaran Wakil Rektor, Dekan, kepala lembaga, dosen serta staff Humas Unimed.

Sumber: unimed.ac.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …