Beranda / Berita / Prabowo Menang Demokrat Masuk, Jokowi Menang Demokrat Keluar
deras.co.id
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto:Hendra Eka/JawaPos)

Prabowo Menang Demokrat Masuk, Jokowi Menang Demokrat Keluar

Partai Demokrat dipastikan akan keluar dari koalisi dengan Prabowo-Sandi. Tepat saat pasangan capres Jokowi-Ma’ruf diumumkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pernyataan itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Hukum dan Advokasi, Ferdinand Hutahaean.

“Jadi kalau Pak Prabowo menang, Demokrat punya kewajiban moril politik dalam mengawal pemerintahan. Tapi kalau Pak Jokowi diputuskan menang, maka kerja sama koalisi berakhir. Karena Pilpres berakhir,” ujar Ferdinand di Kantor KPU, Jakarta, Senin (6/5).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Partai Demokrat nantinya menentukan sikap untuk berada di mana. Apakah tetap menjadi oposisi, atau bergabung bersama Jokowi-Ma’ruf Amin dalam mitra koalisi pemerintah.

“Jadi, setelah pilpres ini selesai, Partai Demokrat berdaulat menentukan sikap politiknya,” katanya.

Ferdinand juga menjelaskan, apabila nanti Demokrat ditawari oleh Jokowi bekerja sama dengan masuk koalisi, maka ada tahapan yang perlu dilakukan. Seperti adanya pembahasan di internal Majelis Tinggi Partai Demokrat yang dipimpin langsung oleh ketua umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sikap Partai Demokrat ditentukan setelah ada penetapan resmi dari KPU,” pungkasnya.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Berkah Ramadhan: Inalum Gelar Safari Ramadhan di 12 Kabupaten/Kota

Medan, Dalam rangka menyemarakkan suasana bulan Ramadhan 1440 H, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau …