Wednesday , June 26 2019
Beranda / Berita / Equaliz :Band Lokal Medan yang Menginspirasi
deras.co.id
Band Equaliz saat manggung

Equaliz :Band Lokal Medan yang Menginspirasi

Belantika musik tanah air kini diramaikan dengan kehadiran band-band lokal yang mengembangkan diri di dunia musik. Kecintaan mereka terhadap musik ataupun mengikuti jejak idola mereka, menjadi satu atau beberapa alasan pembentukan band lokal ini.

Salah satu band lokal yang turut hadir ialah Equaliz. Band lokal Medan ini merupakan band besutan Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU). Etnomusikologi USU memang salah satu program studi yang unik, dimana para mahasiswanya akan memperlajari ilmu musik, baik daerah maupun modern, dan akan menjadi ahli musik yang kompeten di bidangnya. Equaliz dibentuk pada 1 Oktober 2014. Diisi oleh Benny (vokalis), Mueq (gitaris), Reno (bassist), Momo (keyboardist), dan Goppaz (drummer) siap mengembangkan potensi mereka bersama Equaliz. Berarti sama atau seimbang, Equaliz berharap tidak adanya perbedaan antar personil sekalipun mereka berbeda angkatan.

Tahun 2015, Equaliz mengikuti ajang Soundsation Regional Sumut. Alhasil, Equaliz berhasil menjuarai perlombaan tersebut yang akhirnya membawa mereka menjadi Finalis Soundrenaline di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Pencapaian tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Equaliz karena bisa meraih prestasi walaupun baru setahun terbentuk. Terlebih lagi, mereka bisa satu panggung dengan musisi-musisi papan atas lainnya.

Tak cukup sampai disitu saja, 2016 menjadi tahun emas juga bagi Equaliz. Mereka mengikuti Samosir Band Festival dan berhasil meraih Ranking 1. Tahun 2017, Equaliz kembali mengikuti perlombaan ini dan berhasil mempertahankan posisi mereka sebagai Ranking 1.

Prestasi yang sudah diraih tak membuat Equaliz menjadi besar kepala. Mereka kembali membuktikan diri lewat ajang nasional bergengsi, Rockin Battle 2017. Mereka akhirnya berhasil meraih posisi delapan besar dan bergabung ke dalam “The Mighty 8” bersama dengan band-band lainnya.

Berkat raihan prestasi-prestasi tersebut, Equaliz kerap kali diundang untuk tampil dalam berbagai event musik tanah air di berbagai kota di Indonesia. Beberapa diantaranya ialah

“Pastinya kami merasa senang dapat tampil di acara-acara musik besar dan bisa dapat prestasi juga. Kami ingin berkontribusi untuk permusikan Indonesia dan tetap semangat berkarya di dunia permusikan,” Ujar Benny sang vokalis.

Sibuknya jadwal panggung tak membuat Equaliz berhenti menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Saat ini, Equaliz tengah disibukkan dengan persiapan album baru mereka. Album ini akan berisikan sepuluh lagu dimana terdapat juga dua ¬single hits mereka yakni Pergi-Pergilah Kau dan Svara Jiwa yang juga sudah banyak diperdengarkan di berbagai aplikasi musik seperti Spotify, JOOX, dan ITunes. Equaliz sendiri memproduksi lagu-lagu mereka sendiri, dimulai dari lirik lagu hingga nada-nadanya.

“Meskipun kita udah sering tampil di banyak acara, tapi kami tetap mau produktif untuk menghasilkan musik-musik yang bagus yang bisa didengar sama banyak orang. Karna supaya kita bisa lebih dikenal kan harus ada karya yang kita buat, terus kalau kita manggung, kita bisa bawa lagu kita sendiri” ujar Momo sang keyboardist ketika diwawancara.

Equaliz pun turut membagikan harapan mereka terkait album baru mereka. “Semoga proses rekaman untuk album ini cepat selesai dengan baik supaya penggemar dapat menikmati lagu-lagunya dan hapal liriknya. Ke depannya, kami berharap Equaliz terus semangat berkarya di dunia permusikan dan menjadi inspirasi bagi band-band lokal lainnya untuk tetap serius berkontribusi di musik Indonesia,” ujar Ciks, manager Equaliz.

Reno sang bassist juga mengutarakan harapannya akan album mereka ini. “Harapannya ya supaya dengan album baru ini bisa membuat nama Equaliz semakin terkenal di industri musik nasional,” tuturnya.

Baca Juga

deras.co.id

Kebakaran Pabrik Mancis, Penuhi Hak-hak Korban dan Realisasi Regulasi Pekerja Rumahan

Peristiwa kebakaran pabrik mancis yang terjadi pada sekira pukul 12.00 WIB siang, tanggal 21 Juni …