Sunday , August 18 2019
Beranda / Berita / 6 Tips Melatih Keseimbangan Tubuh dan Manfaatnya Untuk Masa Tua
deras.co.id

6 Tips Melatih Keseimbangan Tubuh dan Manfaatnya Untuk Masa Tua

Jarang sekali orang-orang memperhatikan keseimbangan tubuh mereka atau bahkan melatihnya. Padahal, kemampuan itu adalah sesuatu yang perlu dilatih karena akan sangat berguna pada masa tua. Karena di masa lansia, semua orang akan mengalami masalah kesimbangan.

Sebenarnya, keseimbangan adalah salah satu keterampilan bertahan hidup yang penting, namun sayangnya mudah hilang. Otot-otot yang Anda gunakan sehari-hari biasanya akan melemah secara bertahap setelah Anda memasuki usia 30 tahun. Selain itu, jarak langkah akan menjadi lebih pendek, langkah melambat, dan penglihatan menjadi lebih kabur.

Seberapa baik Anda menjaga keseimbangan sekarang, itu dapat melindungi Anda saat Anda memasuki usia paruh baya. Berdasarkan data, satu dari tiga orang dewasa di atas usia 65 mengalami penurunan yang serius soal keseimbangan setiap tahunnya.

Melatih keseimbangan berarti menghindarkan Anda dari jatuh dan itu berarti menjaga harapan hidup lebih lama. Faktanya, sekitar 20% wanita yang mengalami patah pinggul menjadi cacat permanen, dan 20% lainnya meninggal dalam setahun. Masalah kesehatan yang terkait dengan patah tulang pinggul menghasilkan lebih banyak kematian wanita setiap tahun daripada kanker payudara.

Melatih keseimbangan tubuh

Manfaat yang Anda peroleh dari menjaga keseimbangan tubuh tidak hanya melindungi Anda dari berbagai gangguan internal. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik juga bermanfaat dalam mendukung mobilitas, mengurangi cedera, dan memperkuat fisik selama berolahraga.

Berikut beberapa cara mudah untuk melatih keseimbangan Anda:

1. Berdiri dengan satu kaki

Cara pertama untuk melatih keseimbangan adalah dengan berdiri dengan satu kaki. Coba lakukan ini saat Anda mencuci piring. Usahakan Anda bisa berdiri dengan satu kali selama 30 detik. Lakukan pada dua kaki secara bergantian.

2. Berjalan di papan keseimbangan

Ini adalah salah satu dari beberapa alat olahraga yang dirancang untuk melatih stabilitas Anda. Dalam sebuah studi, peserta yang melakukan hal ini meningkat kseimbangannya hanya dengan 3 sesi pelatihan seminggu, masing-masing hanya 6 menit.

3. Berjalan menggunakan tumit dan jari kaki

Berjalanlah sebanyak 20 langkah ke depan dengan tumit dan bergantian dengan jari kaki. Lakukan juga dengan berjalan mundur.

4. Lakukan squat

Kaki yang kokoh dapat membantu mencegah Anda mudah jatuh. Squat bisa melatih kekuatan otot kaki sebagai tumpuan utama tubuh Anda. Tak hanya itu, squat juga bisa mengencangkan otot paha bagian depan.

Untuk melakukannya, rentangkan kaki selebar pinggul, tekuk lutut dan pinggul secara perlahan-lahan, kemudian turunkan diri seolah-olah ada kursi di belakang Anda. Jaga agar lengan tetap lurus, perut kencang, punggung lurus. Berhentilah ketika paha sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan ini seputar 8-10 kali.

5. Cukup tidur

Durasi tidur yang disarankan adalah 7-8 jam per hari. Kurang tidur bisa memperlambat refleks Anda dan sebuah penelitian di California Pacific Medical Center menunjukkan bahwa itu juga berhubungan langsung dengan jatuh. Para peneliti melacak hampir 3.000 wanita yang lebih tua dan menemukan bahwa mereka yang biasanya tidur antara 5 sampai 7 jam setiap malam 40% lebih mungkin untuk jatuh daripada mereka yang tidur lebih lama.

Di sisi lain, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, tidur yang cukup, membuat tubuh melakukan proses regenerasi sehingga fungsi setiap organ yang ada di dalamnya terjaga dengan sempurna.

6. Berlatih tai chi

Menurut beberapa penelitian, tai chi membantu melatih tubuh agar tidak mengalami kondisi “seperti melayang di ruang angkasa” atau biasa disebut proprioception.

Dalam hal ini, tai chi berfungsi melatih neuron sensorik di telinga bagian dalam dan meregangkan reseptor di otot serta ligamen. Tai chi juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, yang membantu pemulihan setelah terjatuh, serta menghilangkan rasa takut terjatuh.

Itu adalah beberapa jenis latihan yang bisa membuat keseimbangan tubuh Anda membaik. Mulai sekarang jangan sepelekan masalah keseimbangan karena ini merupakan modal penting pada saat Anda memasuki masa tua.

Sumber: klikdokter.com

Baca Juga

deras.co.id

Aplikasi ‘Dailyact’ Sosmed Buatan Anak Bangsa, Ada Fitur Admire

F acebook, Instagram dan Twitter adalah tiga media sosial terpopuler yang boleh dibilang hampir tak dapat dipisahkan dari kehidupan netizen …