Thursday , August 22 2019
Beranda / Featured / Miris, Lautan Sampah Di Parit Kota Medan Sama Dengan 6 Truk
deras.co.id
Petugas bersihkan sampah di Medan (Foto:Khairul-detik)

Miris, Lautan Sampah Di Parit Kota Medan Sama Dengan 6 Truk

Medan, Banjir yang sering terjadi di kawasan Jalan Denai, Medan, dipicu kondisi parit yang penuh sampah. Pembersihan yang dilakukan di parit dan got dengan bantuan alat berat, berhasil mengeluarkan sampah yang muatannya setara hingga enam truk.

Pembersihan parit itu dilakukan puluhan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Area, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Mengingat penyumbatan sampah di parit primer itu cukup parah, Dinas Pekerjaan Umum Medan pun mengirimkan tim berikut satu unit backhoe loader.

Ternyata hanya parit, gorong-gorong pun dipenuhi sampah sehingga menyebabkan penyumbatan semakin parah. Untuk mengatasinya, petugas harus memasuki gorong-gorong meski kondisinya gelap, pengap dan sangat bau karena tumpukan sampah sudah cukup lama mengendap.

Berkat kerjasama dan kerja keras yang dilakukan, perlahan-lahan sampah yang menutupi permukaan parit, termasuk gorong-gorong berhasil dibersihkan dari sampah. Air parit pun mulai mengalir lancar.

“Parit primer yang semula dipenuhi sampah kini telah bersih sehingga air parit dapat mengalir dengan lancar kembali. Kita harapkan warga sekitar menjaga kebersihan parit primer pasca dilakukannya normalisasi,” kata Hendra dalam keterangan, Kamis (25/7/2019).

Proses normalisasi yang dilakukan, berhasil mengeluarkan berbagai jenis sampah dari parit serta gorong-gorong itu. Umumnya sampah tersebut berbahan plastik yang sangat sulit terurai. Selanjutnya seluruh sampah yang setara muatan enam truk itu, diangkut menuju ke lokasi pembuangan.

“Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan, persoalan banjir yang selama ini terjadi dapat diatasi. Pascanormalisasi, kita harap dapat menggugah kesadaran masyarakat sehingga mereka tidak buang sampah sembarangan lagi, terutama ke dalam parit,” kata Hendra.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Para Pelajar Asal Jepang Disambut Tarian Tradisional Batak Toba Saat Berkunjung Ke Sekolah Ini

SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menyambut kedatangan sepuluh pelajar Ichikawa Jepang program Sister City …