Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Lestarikan Budaya Bangsa, Kodim 0204/DS Gelar Festival Tarian Bukit Barisan
deras.co.id

Lestarikan Budaya Bangsa, Kodim 0204/DS Gelar Festival Tarian Bukit Barisan

Untuk melestarikan budaya bangsa khususnya tarian daerah yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kodim 0204/DS menggelar Festival Tarian Bukit Barisan (Tarbuba) tingkat pelajar SLTP dan SLTA se sumatera utara di Makodim Lubukpakam, Kamis (15/8).

Dandim 0204/DS, Letkol (Kav) Syamsul Arifin saat diwawancara mengatakan, tarian bukit barisan merupakan prakarsa oleh bapak Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah dalam rangka melestarikan tarian daerah/ etnis yang ada di wilayah sumatera utara. Kegiatan festival ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019, sekaligus untuk mengajak generasi muda milenial untuk mencintai budaya asli Indonesia sehingga tumbuh rasa cinta kepada budaya dan tanah air Indonesia.

Tarian bukit barisan berisi kolaborasi antara tarian etnis Melayu, Simalungun, Karo dan etis lainnya yang ada di Sumut. “Lomba ini diikuti oleh pelajar tingkat SLTP dan SLTA se-Sumut. Ada pesertanya datang dari Tebingtinggi, Sergai, Deliserdang, Medan, Langkat dan daerah lainnya,” kata Dandim.

Untuk hadiah kepada pemenang tutur Syamsul Arifin selain mendapatkan piala juga akan diberikan uang pembinaan dan piagam penghargaan sebagai apresiasi kepada para juara. “Mudah-mudahan acara seperti ini akan digelar setiap tahunnya menjelang HUT RI,” pungkasnya.

Dalam festival itu terlihat para siswa yang menari mengenakan pakaian etnis beraneka ragam menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut selain para pelajar, turut hadir masyarakat sekitar makodim, para danramil jajaran Kodim 0204/DS, serta para veteran dan para penggiat seni di sumatera utara.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …