Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Viral Tanaman Bajakah Untuk Obat Kanker, LIPI Berikan Tanggapan
deras.co.id
Tanaman Bajakah

Viral Tanaman Bajakah Untuk Obat Kanker, LIPI Berikan Tanggapan

Viralnya pembahasan Bajakah berawal dari riset tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tentang tanaman langka ini bisa dijadikan obat kanker. Karena riset itu, mereka menjuarai ajang kompetisi Life Science di Seoul, Korea Selatan.

Tanaman langka ini memang tumbuh di hutan pedalaman Kalimantan, yang kerap digunakan untuk orang-orang Dayak. Tak disangka kandungan senyawa dari Bajakah disebut-sebut bisa menjadi obat kanker payudara.

Dalam riset ini, ketiga peneliti remaja itu menggunakan dua ekor mencit atau tikus kecil berwarna putih (mus cumulus). Sebelumnya tikus itu diinduksi zat pertumbuhan sel tumor atau kanker.

penemu obat
Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya Maharani (Foto : Coconuts)

Sel kanker kemudian berkembang di tubuh tikus, dengan ciri banyaknya benjolan pada tubuhnya. Setelah diberikan cairan kayu Bajakah, tikus tersebut terselamatkan.

Adanya penelitian tersebut membuat masyarakat ikut membahas kebenarannya. Sebagian orang percaya dengan Bajakah yang bisa jadi obat kanker.

Tersebar pula di WhatsApp Group (WAG) foto-foto terkait wujud Bajakah yang dikemas dalam plastik. Tertulis pula profil serta khasiat dari tanaman langka itu.

Dengan kemunculan kabar itu, membuat sebagian orang langsung percaya. Sayangnya, dari beberapa peneliti yang profesional belum percaya dengan khasiat tersebut.

Peneliti LIPI Dr Andrea Agusta mengatakan, walau hasil risetnya mendunia, sayangnya penelitian tersebut masih setingkat level SMA. Para peneliti remaja itu harus benar-benar membuktikan risetnya agar tidak menimbulkan kesimpangsiuran.

“Penelitian mereka saya yakin belum memenuhi kriteria sebuah riset ilmiah. Karena tergolong masih riset ilmiah tingkat remaja,” ucap Andrea saat dihubungi Okezone lewat pesan singkat, Jumat (16/8/2019).

Dia menegaskan, di luar negeri level penelitian seperti itu masih dalam taraf pembentukan karakter anak. Mereka jelas butuh pendampingan untuk penelitian lebih lanjut.

“Yang perlu diingat walaupun tumbuhan itu viral, kriteria risetnya masih minim. Butuh riset lebih lanjut,” bebernya.

Tanaman Bajakah obat
Tanaman obat Bajakah (Foto : Eeverychina)

Sebelumnya juga disebutkan bahwa Bajakah punya kandungan senyawa berupa fenolik, steroid, tannin, alkaloid, saponin, terpenoid, hingga alkaloid. Itu merupakan senyawa aktif antioksidan yang berlimpah, sehingga membuatnya mampu menjadi penawar radikal bebas, terutama pencegah kanker.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …